Tips  

4 Rekomendasi Kamera Murah untuk Pemula

Ilustrasi kamera.
Ilustrasi kamera. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.idKamera adalah hal penting bagi seseorang yang ingin belajar fotografi atau videografi. Biasanya seorang pemula memilih kamera murah sebagai ajang belajar. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa kamera murah. Murah artinya memiliki kisaran harga tiga sampai belasan juta.

Tidak semua kamera murah yang kita beli dapat memenuhi ekspetasi. Kita harus melihat fitur-fitur di dalamnya, fokus kamera itu untuk apa dan yang paling penting adalah perbandingan harga yang menjadi titik fokus utama seseorang saat membeli kamera murah. Berikut rekomendasi 4 kamera murah untuk pemula yang dapat dibeli.

1. Canon 600D

Canon 600D adalah kamera keluaran Canon yang berfokus pada fotografi, namun kamera ini bisa untuk videografi. Kamera ini dijual dengan kisaran harga Rp 3 hingga 5 jutaan. Dengan harga itu kita akan mendapatkan fitur utama yakni sensos kamera 18 megapixel APS-C (Advanced Photo System type-C).

Artinya kamera diperuntukkan bagi para pemula belajar fotografi, karena kamera APS-C adalah kamera yang mudah digunakan.

2. Sony A5000

Kemera ini sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar videografi. Di samping desainnya yang kompleks, kamera ini juga sangat mudah untuk dipelajari bagi pemula mulai dari tombolnya yang hanya sedikit sampai fitur-fiturnya yang sangat simpel dan juga sudah mendukung flip screen.

Spesifikasi singkatnya mendukung full HD 1080p, 20.1 mega pixel. Kamera ini dijual dengan harga Rp 3 sampai 4 jutaan. Menurut Ibrahim Jo, seorang Youtuber videografi mengatakan kamera ini sangat membantu bagi mereka yang ingin belajar membuat video dari awal karena dia juga menggunakan kamera ini sejak awal dia memulai karirnya di Youtube.

3. Lumix G7

Kamera ini dijual dengan harga relatif murah dengan harga Rp 5-7 jutaan, dengan fitur yang sangat banyak. Kamera keluaran 2015 ini sudah mendukung video 4K dengan menggunakan sensor Mikro 4/3 CMOS 16 megapiksel, yang perlu difikirkan untuk membeli kamera ini adalah sola sensornya yang menggunakan Mikro Forted, yang mana sensornya lebih kecil dari pada APS-C.

4. Canon EOS M3

Kamera ini difokuskan bagi mereka yang sangat suka vidiografi, alasan kenapa Canon EOS M3 direkomendasikan adalah karena harganya yang sangat terjangkau yakni kisaran harga Rp 4-5 jutaan saja.

Kamera ini juga memiliki body yang kecil, audio input, layarnya juga sudah layer sentuh jadi cara pengoprasiannya lebih mudah. Meskipun hanya Full HD 30FPs, kekurangan kamera ini hanya soal baterainya yang cukup boros.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim