4 Rivalitas Liga Eropa akan Hibur Akhir Pekan Anda

4 Rivalitas Liga Eropa akan Hibur Akhir Pekan Anda

  • Bagikan
Logo empat tim besar liga Eropa yang siap bentrok pekan ini./tugu jatim
Logo empat tim besar liga Eropa yang siap bentrok pekan ini. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Dalam sejarahnya, sepak bola selalu menghadirkan rivalitas antar klub yang sangat sengit. Hal ini lumrah terjadi di liga-liga Eropa, terutama beberapa liga yang berjalan di negara besar seperti Inggris, Spanyol, Italia, dan Prancis.

Masing-masing liga tersebut memiliki laga-laga dengan rivalitas sekelas ‘El Clasico’. Dan, untuk pertama kali dalam sejarah, keempat laga besar tersebut dijalankan di hari yang sama. Berikut daftar laga sekelas El Clasico yang akan mentas pada akhir pekan ini.

1. Manchester United vs Liverpool (North West Derby)

Pertandingan antara Manchester United vs Liverpool dianggap menjadi salah satu rivalitas terbesar dalam sejarah sepak bola Inggris. Pertandingan ini kerap disebut sebagai North West Derby. Pertandingan ini disebut sebagai salah satu yang terbaik adalah karena kedua tim merupakan pemegang gelar Premier League terbanyak sepanjang pagelaran kompetisi tersebut. Manchester United memimpin dengan perolehan 20 trofi, sementara Liverpool menguntit di bawahnya dengan perolehan 19 trofi.

Rata-rata, kedua pemain kesebelasan saling membenci. Pemain-pemain seperti Wayne Rooney, Steven Gerrard, Gary Neville, Luis Suarez dan lain-lain, pernah terang-terangan ketidaksukaannya terhadap masing-masing klub ini. Kebencian antar pemain pernah mencapai puncak ketika terjadi kasus rasisme yang dialami Patrice Evra pada musim 2011/12. Pada saat itu, Luis Suarez, pemain Liverpool, melontarkan kata-kata yang berbau rasisme kepada Patrice Evra (Manchester United).

Secara head to head di Premier League, Manchester United masih unggul dengan 68 kemenangan berbanding 58 milik Liverpool. Keduanya sama-sama berbagi poin sebanyak 50 kali. Meskipun unggul secara head to head, Manchester United jelas akan mengalami kesulitan apalagi dengan kembalinya performa ganas Mohammed Salah dan Sadio Mane.

Pertandingan ini berlangsung pada Minggu, 24 Oktober 2021 pukul 22.30 WIB

2. Olympique Marseille vs Paris Saint-Germain (Le Classique)

Sedikit berbeda dengan laga-laga klasik semacam El Clasico di Spanyol, Derby d’Italia di Italia atau bahkan De Klassieker di Belanda, tensi panas yang melibatkan Marseille dan PSG masih terhitung baru di jagad sepak bola dunia. Hal ini disebabkan oleh jarak berdirinya masing-masing klub yang terpaut jauh. Marseille berdiri pada 31 Agustus 1899. Sementara PSG baru dibentuk pada 12 Agustus 1970.

Rivalitas sengit ini mulai terjadi pada awal 1990’an ketika Marseille berhasil menjadi tim Perancis pertama yang berhasil menjuarai Liga Champions 1992/93. Kemudian gelar antarklub eropa yang lain berhasil disusul PSG dengan menjuarai Piala Winner 1995/96. Hingga saat ini, hanya dua tim itulah yang pernah menjadi juara dalam kompetisi antarklub Eropa.

Kemudian, kedatangan investor Qatar yang mengakuisisi kepemilikan PSG sedikit mengubah arah rivalitas antar dua klub ini.
Selama 10 tahun terakhir, PSG sangat mendominasi pertandingan Le Classique, bahkan jumlah trofi Ligue 1 yang diperoleh telah melewati catatan Olympique Marseille. Sementara Marseille hingga kini masih terus berjuang untuk konsisten berada di empat besar Ligue 1.

Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung pada Senin, 25 Oktober 2021 pukul 01.45 WIB

3. Internazionale vs Juventus (Derby d’Italia)

Seperti layaknya Manchester United vs Liverpool, Derby d’Italia juga dianggap sebagai pertandingan adu gengsi antara dua klub tersukses di Italia. Tak heran rivalitas sengit kerap terjadi dalam derby d’Italia ini.

Dari rekor pertemuan keduanya, Juventus berhasil memenangkan 110 laga dari 240 laga yang dijalani, sementara Internazionale Milano hanya sanggup meraih 71 kemenangan dari 240 laga yang dilakoni. Dari jumlah trofi domestik, Juventus berhasil mengantongi 59 trofi, sementara Internazionale hanya berhasil meletakkan 31 trofi domestik di lemarinya.

Menengok performa kedua klub musim ini, duel ini diprediksi akan berlangsung sengit. Juventus yang sempat terseok-terseok pada awal musim, kini sudah kembali menemukan jalur kemenangan. Sementara, Inter terhitung lebih ganas dari sisi produktivitas gol, mereka sudah berhasil mencatatkan 23 gol dalam delapan pertandingan yang dilakoni di Serie A 2021/22.

Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung pada Senin, 25 Oktober 2021 pukul 01.45 WIB.

4. Barcelona vs Real Madrid (El Clasico)

El Clasico, seperti yang kita tahu, merupakan salah satu rivalitas terbesar dalam sejarah sepakbola dunia. Keduanya bukan lagi merupakan tim tersukses di Spanyol saja, melainkan dua dari beberapa tim yang paling sukses di dunia.

Rekor pertemuan keduanya juga masih terbilang sengit. Sejauh ini, Barcelona dan Real Madrid sudah bersua 246 kali di semua kompetisi. Real Madrid mengantongi 98 kemenangan, sedangkan Barcelona juga mengoleksi catatan 96 kemenangan. Adapun sisanya berakhir imbang.

Setelah beberapa masa transisi, duel El Clasico generasi baru akan terjadi pada akhir pekan ini. Barcelona dan Real Madrid sama-sama ditinggal pemain bintangnya yang berpengaruh dalam beberapa musim terakhir. Barcelona harus merelakan kepergian Lionel Messi yang pindah ke PSG, sementara Real Madrid harus rela kehilangan Sergio Ramos yang kontraknya tidak diperpanjang musim lalu.

Fenomena perginya pemain-pemain bintang justru akan menjadi panggung unjuk gigi yang cocok untuk pemain muda di kedua tim. Pemain seperti Gavi (17 tahun), Sergino Dest (20 tahun), Eric Garcia (20 tahun), Pedri (18 tahun), dan Ansu Fati (18 tahun) di kubu Barcelona jelas akan menjadi tambahan pemain muda yang berkualitas. Sementara Real Madrid memiliki pemain seperti Eduardo Camavinga (18 tahun), Vinicius Jr (21 tahun), Rodrygo (20 tahun), Federico Valverde (23 tahun), dan Eder Militao (23 tahun).

Laga bertajuk El Clasico ini akan berlangsung di Camp Nou pada 24 Oktober 2021 pukul 21.15 WIB.

  • Bagikan