News  

Masuki Musim Hujan, Kota Batu Siaga Hadapi Bencana

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat mengecek sejumlah peralatan SAR sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana alam, Senin (25/10/2021). (Foto: Polres Batu) tugu jatim, bencana alam musim hujan
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat mengecek sejumlah peralatan SAR sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana alam, Senin (25/10/2021). (Foto: Polres Batu)

BATU, Tugujatim.id – Kota Batu mulai bersiap siaga mewaspadai bencana alam jelang musim hujan dengan menggelar Apel Siaga Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di Mapolres Batu, Senin (25/10/2021).

Koordinasi kesiapsiagaan bencana tersebut dipimpin langsung Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan. Turut hadir Pabung Kodim Malang Batu Mayor Czi Widagdo, Perwakilan dari Kajari Batu, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi serta jajaran Forkopimda yg lain dan Pimpinan SKPD.

Kesiapsiagaan ini penting untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Kota Batu.

“Kita harus siap siaga menghadapi dampak bencana yang akan terjadi di pergantian musim sekaligus di masa pandemi ini,” kata Dewanti.

Dewanti mengimbau, nanti dalam penanggulangan bencana harus dilakukan dengan menggunakan prinsip yang tepat. Prinsipnya, penanggulangan bencana alam adalah cepat, tanggap dan tepat guna meminimalisir korban dan kehilangan harta benda.

“Ketika menghadapi bencana alam, hal yang harus diutamakan adalah penyelamatan manusia barulah harta bendanya,” lanjutnya.

Dari apel ini diharapkan dapat terbentuk koordinasi dan sinergitas antar instansi pemerintah dan masyarakat harus dilakukan secara terpadu, efektif dan efisien.

”Harus ada koordinasi antar instansi secaa intensif,” tegas dia.

Kewaspadaan bencana itu disambut baik Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan dengan menyiapkan personel dan beberapa peralatan SAR serta kendaraan yang dapat digunakan untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam.

“Kami (PolriI) siap membangun koordinasi lintas sektor guna membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam. Kita siap jika nanti sewaktu-waktu dibutuhkan ketika terjadi bencana alam,” tegas dia.