Tips  

4 Tips Belajar Efektif Pakai “Teknik Podomoro”, Nomor Empat Paling Sulit 

belajar efektif. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Ilustrasi manajemen waktu belajar. (Foto: Pinterest)

MALANG, Tugujatim.id – Bikin belajar efektif tanpa merasa membosankan? Barangkali setiap orang memiliki teknik yang berbeda-beda untuk mengatasinya. Nah, ada teknik belajar yang mungkin belum pernah Anda ketahui, namanya teknik podomoro. Seperti apakah teknik ini?

Belajar efektif dengan tetap fokus dan konsentrasi yang tinggi tentu saja sangat diperlukan agar memudahkan pemahaman materi. Eits, kadang kala rasa bosan akan menghampiri saat Anda fokus belajar. Bahkan, Anda menjadi lebih sering menjeda saat belajar dengan bermain gadget hingga lupa waktu.

Nah, barangkali dengan memakai teknik podomoro ini menjadi solusi yang tepat bagi seseorang yang mempunyai masalah tersebut. Apa sih pengertian, manfaat, hingga cara penerapan teknik podomoro ini dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, simak penjelasannya!

Teknik Podomoro?

Teknik podomoro merupakan metode belajar berfokus pada time management. Dikenalkan oleh Francesco Cirillo’s, seorang mahasiswa perguruan tinggi pada 1980-an.

Untuk kata podomoro sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti tomat. Kenapa tomat? Karena dulu Francesco menggunakan tomat yang ada di dapur sebagai timer atau penghitungan waktu.

Metode ini bermula ketika Francesco mengalami kesulitan fokus dan gangguan konsentrasi saat belajar. Untuk mengatasinya, dia menggunakan tomat dapur sebagai penghitung waktu belajarnya.

Belajar dimulai pada 25 menit pertama, lalu ada waktu istirahat selama 5 menit. Proses ini dilakukan berkali-kali. Tujuan teknik ini meningkatkan produktivitas dengan meminimalkan waktu yang dihabiskan pada distraksi pekerjaan.

Kapan Penerapan Teknik Podomoro?

1. Tentukan Waktu dan Tempat yang Nyaman

Ya, masing-masing orang memiliki kemampuan yang berbeda. Jadi, waktu untuk belajar bervariasi sesuai kebutuhan. Pagi hari bisa menjadi waktu yang tepat untuk memulai aktivitas belajar efektif.

Pengaturan waktu bisa menggunakan timer yang ada di ponsel. Selain itu, bisa menggunakan 25 menit belajar, kemudian istirahat 5 menit atau 20 menit belajar lalu istirahat 3 menit saja. Semua dapat disesuaikan mengikuti pribadi setiap orang.

Selain waktu yang benar, tempat yang nyaman adalah salah satu kunci keberhasilan teknik ini. Anda bisa memilih ruangan yang sepi dan tenang agar tidak terdistraksi.

2. Pemilihan Materi Belajar

Untuk memilih materi, Anda dapat menggunakan skala prioritas dalam menentukannya. Misalnya Anda bisa mengerjakan tugas yang paling susah lebih dulu dan paling mudah selanjutnya, begitu sebaliknya. Tujuannya agar Anda fokus terhadap satu tugas dulu sehingga tidak terganggu dengan lainnya.

3. Optimalkan Waktu Istirahat

Anda sudah berhasil fokus saat belajar, tiba waktunya untuk istirahat sejenak. Teknik podomoro memberi waktu istirahat secara berkala sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu dengan keluar ruangan untuk menikmati suasana baru agar tetap merasa tenang dan nyaman. Selain itu, waktu istirahat dapat digunakan untuk peregangan atau pergi ke kamar mandi.

4. Mengulang Teknik Podomoro Sebanyak 4 Kali

Ketika poin 1 dan 3 berhasil diterapkan, Anda bisa melakukan teknik podomoro sebanyak 4 kali berturut-turut. Tujuannya untuk membiasakan diri dengan teknik ini dan mengaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Tentu saja, melakukannya membutuhkan tantangan tersendiri karena dibutuhkan kekonsistenan dari masing-masing orang. Untuk mengapresiasi diri sendiri, Anda bisa menambah waktu istirahat 20-30 menit lho!

Gimana? Anda tertantang belajar efektif pakai teknik podomoro ini? Semoga bermanfaat!