Tips  

5 Tips dan Trik Tidur Nyenyak, Bikin Anda Makin Semangat Aktivitas!

Tidur nyenyak. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi tidur nyenyak. (Foto: Pexels)

MALANG, Tugujatim.id – Barangkali di antara Anda pernah mengalami sulit tidur nyenyak kala beristirahat. Bisa jadi hal itu dipengaruhi banyak faktor. Mulai dari terlalu sering berolahraga, kelebihan kafein, sering buang air, kamar yang kurang nyaman, gangguan medis, bahkan rasa gembira berlebihan membuat seseorang sulit untuk tidur lho!

Padahal, waktu ideal Anda tidur nyenyak adalah 7-9 jam normalnya. Hal itu akan membuat suasana hati menjadi lebih baik, berat badan terkontrol, meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh, meningkatkan daya ingat dan berpikir, hingga tubuh menjadi lebih sehat.

Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan atau memang kurangnya waktu untuk tidur karena urusan pekerjaan. Padahal, kurang tidur dapat membuat Anda kurang semangat dalam beraktivitas, lebih mudah mengalami masalah pada kesehatan mental, misalnya mudah stres, kurang fokus, mudah lelah, serta mudah marah. Parahnya lagi, Anda bisa mengalami gangguan kesehatan yang serius.

Dilansir dari Halodoc, kurang tidur ternyata berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit. Mulai dari obesitas, diabetes tipe 2, hingga penurunan fungsi kognitif dan penyakit jantung. Karena itu, Tugujatim.id akan memberikan tips bagaimana Anda bisa tidur nyenyak sehingga lebih bersemangat untuk beraktivitas. Simak ya!

1. Jangan Pakai Benda Elektronik sebelum Tidur

Anda setidaknya harus menghindari interaksi dengan benda elektronik selama 1,5 jam sebelum tidur. Jangan gunakan ponsel saat Anda terbangun pada malam hari karena cahaya dari ponsel dapat membuat pengurangan hormon melatonin yang bikin jam tidur akan terganggu.

2. Mandi dengan Air Hangat

Salah satu cara Anda tidur nyenyak dengan mandi pakai air hangat. Tujuannya dapat membuat tubuh menjadi rileks hingga bikin ngantuk dan cepat tidur.

3. Konsumsi Makanan yang Berkarbohidrat

Makanan berkarbohidrat dengan porsi yang cukup dapat membantu meningkatkan hormon tryptophan yang membuat tubuh menjadi lebih mudah ngantuk. Tapi, sesuaikan dengan kebutuhan Anda ya. Jangan sampai berlebihan!

4. Pakai Metode ala Militer

Metode ini bisa Anda pakai meski dibuat agar membantu para tentara terlelap hanya dalam 10-60 detik saja. Bagaimana caranya?

Anda cukup melemaskan seluruh otot, termasuk otot wajah. Setelah itu, Anda bernapas dengan teratur dan rileks. Kosongkan pikiran dan ucapkan “jangan berpikir”. Dengan metode ini, Anda akan lebih cepat tidur dan nyenyak.

5. Pakai Pernapasan 4-7-8

Teknik tidur nyenyak ini diciptakan profesor asal University of Arizona, Andrew Weil. Dia mengajari bagaimana cara tidur dengan nyaman dan rileks. Caranya?

• Rilekskan tubuh di tempat tidur.
• Taruh ujung lidah di langit-langit rongga mulut di belakang gigi.
• Kosongkan paru-paru dengan membuang napas lewat mulut.
• Tutup mulut, lalu tarik napas lewat hidung dengan hitungan 1-4.
• Tahan napas dengan hitungan 1-7.
• Buang napas lewat mulut dengan hitungan 1-8.