4 Tips Menghadapi Quarter Life Crisis - Tugujatim.id

4 Tips Menghadapi Quarter Life Crisis

  • Bagikan
Ilustrasi masa-masa saat melewati quarter life crisis. (Foto: Pexels) tugujatim
Ilustrasi masa-masa saat melewati quarter life crisis. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Quarter life crisis baru-baru ini menjadi istilah yang banyak dipakai oleh pemuda-pemudi yang sedang mengalami guncangan batin dan psikologis akibat momen-momen hidup sehari-hari. Quarter life crisis juga disebabkan karena memang usia pemuda-pemudi yang masih dalam tahapan tersebut, sebelum menuju ke usia dewasa.

Hal itu justru tidak boleh dianggap biasa dan dibiarkan begitu saja. Karena apabila quarter life crisis tidak dihadapi dengan bijak, akan menjadi bentuk pengendapan dari depresi. Tugu Jatim telah merangkum tips untuk menghadapi masa quarter life crisis. Apa saja?

1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Upaya membandingkan diri dengan yang lain membuat kita menghabiskan waktu dengan percuma dan membuang energi saja. Karena rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau, setiap manusia itu unik dan spesial, sehingga tidak perlu dibanding-bandingkan satu sama lain. Hal itu membuat kita hanya overthinking, stres, depresi dan menjadi labil. Fokus saja dengan mencari apa tujuan hidup kita, agar tidak mudah terombang-ambing dengan hal yang terlihat menarik dan tidak sama dengan diri kita.

2. Ubah keraguan jadi tindakan

Kadang kita merasa ragu terhadap apa yang sedang kita lakukan, apakah benar atau salah, apakah baik atau buruk, apakah tepat atau tidak. Persoalab semacam itu tidak akan selesai di meja diskursus karena setiap sikap dan perilaku pasti ada plus dan minusnya. Di tengah cuaca ragu itu, kita bisa mengisinya dengan kegiatan bermanfaat seperti membaca buku, menonton film, dan sebagainya.

3. Temukan orang yang bisa mendukung anda

Di tengah kecamuk kebingungan dan kelabilan emosi akibat masa quarter life crisis, coba cari dan temukan orang yang bisa membuat diri anda tenang, nyaman, tentram dan mendukung sisi baik anda. Teman semacam itu memang diperlukan, sangat penting untuk perkembangan dan kebaikan diri anda. Lingkungan dan pergaulan kadang mempengaruhi secara signifikan apa yang bakal kita capai di masa depan.

4. Belajar mencintai diri sendiri

Salah satu persoalan yang dicemaskan saat melewati masa quarter life crisis adalah sikap atau perilaku yang tidak puas dengan diri kita sendiri. Selain itu, kebingungan terhadap tujuan hidup, masa depan dan tanggung jawab membuat kita malas memperhatikan diri kita, malas mencintai diri kita sendiri. Sehingga diri kita menjadi tidak terawat dan banyak yang perlu dibenahi. Jangan begitu, dirimu juga perlu diperhatikan, disayang dan dicintai. Agar orang lain juga bisa mencintaimu.

Itulah 4 tips untuk mengatasi dan melewati momen-momen genting dalam quarter life crisis. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca.

  • Bagikan