5.000 Siswa SMP di Surabaya Jalani Tes Swab Jelang Uji Coba Sekolah Tatap Muka - Tugujatim.id

5.000 Siswa SMP di Surabaya Jalani Tes Swab Jelang Uji Coba Sekolah Tatap Muka

  • Bagikan
siswa siswi SMP di Surabaya jalani tes swab jelang uji coba sekolah tatap muka.
Salah seorang siswi SMP di Surabaya yang jalani tes swab jelang uji coba sekolah tatap muka di Surabaya. (Foto: Basra)

Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadwalkan untuk pelaksanaan tes swab secara massal terhadap siswa-siswi SMP di Kota Surabaya, Rabu (25/11/2020) ini. Direncanakan, total sebanyak 5.000 siswa SMP di Surabaya menjalani tes swab virus corona secara masih. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jelang uji coba pelaksanaan sekolah tatap muka.

Salah satu siswi SMPN 1 Surabaya ada yang tampak panik saat jalani tes swab tersebut. Namun, ada pula siswa yang lebih bersikap santai.

“Biasa aja sih mbak, agak nyeri juga sih tadi di tenggorokan pas dimasukkan cotton bud di hidung. Setelahnya ya nyerinya hilang,” terang salah seorang siswa Muhammad Darell Firdaus pada Basra, partner Tugu Jatim, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: Tino Sidin, Guru Menggambar yang Jadi Google Doodle pada Hari Guru Nasional

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Surabaya Akhmat Suharto mengungkapkan, tes swab terhadap lebih dari 400 siswa kelas IX ini berlangsung secara sukarela. Artinya, jika wali murid keberatan putra maupun putrinya untuk mengikuti tes swab, maka pihaknya tak bisa memaksa.

“Kalau keberatan ikut tes swab bersama hari ini, anak-anak bisa tes swab secara mandiri. Kita tidak memaksa, monggo yang mana sekiranya anak-anak bisa nyaman tes swab,” jelasnya.

Diakui Suharto, jika tes swab hari ini merupakan bagian dari persiapan pelaksanaan uji coba sekolah tatap muka. SMPN 1 merupakan satu dari 18 SMP di Surabaya yang dijadwalkan melaksanakan uji coba sekolah tatap muka.

Meski demikian, Suharto menuturkan masih belum mengetahui jadwal pasti pelaksanaan uji coba tersebut.

“Kami masih menunggu info lebih lanjut dari Dispendik. Yang penting kami siap jika harus melaksanakan uji coba sekolah tatap muka,” tukasnya.

Selain SMPN 1 Surabaya, tes swab secara masif terhadap siswa hari ini juga digelar di sejumlah SMP lainnya. Total 18 SMP baik negeri maupun swasta yang melaksanakan tes swab terhadap siswanya pada hari ini dan besok.

Baca Juga: Spoiler One Piece 997: Kaido Semakin Serius! Ingin Hancurkan Onigashima dan Ibu Kota Bunga

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengungkapkan uji coba sekolah tatap muka akan dilakukan terlebih dahulu bagi siswa kelas IX atau kelas 3 SMP.

“Satgas COVID-19 dan Dinas Kesehatan serta Dinas Pendidikan akan merapatkan secara teknis uji coba sekolah tatap muka itu. Tentunya, nanti siswa-siswa ini akan dilakukan tes swab terlebih dahulu,” ujar pria yang karib disapa Febri ini. (Basra/gg)

 

Sumber Artikel: Berita Anak Surabaya (Basra)

 

 

  • Bagikan