5.212 Pelajar Adu Skill Rebut Piala Bupati Tuban XVII, Jaring Atlet Muda Berbakat

Piala Bupati Tuban XVII. (Foto: dok. Diskominfo Tuban/Tugu Jatim)
Kepala Disbudporapar Tuban Muhamad Emawan membuka acara Popda KKGO yang merebutkan Piala Bupati Tuban XVII 2022 di Gedung Tenis Indoor Pemkab Tuban, Senin (21/11/2022). (Foto: dok. Diskominfo Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Sebanyak 5.212 pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat mengikuti gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) KKGO SLTP-SLTA Tuban. Mereka akan bertanding lewat sembilan cabang olahraga (cabor) untuk merebut Piala Bupati Tuban XVII 2022.

Kepala Disbudporapar Tuban Muhamad Emawan menambahkan, dari turnamen ini harapannya bisa mengidentifikasi dan menjaring calon atlet berbakat untuk dibina lebih lanjut. Mereka kemudian bisa menjadi tim Kabupaten Tuban dalam Popda Jatim 2023 maupun Porprov 2023.

Dia berharap prestasi atlet olahraga di Kabupaten Tuban ke depannya juga bisa semakin baik dari sebelumnya. Setidaknya perolehan medali atau poin di porprov meningkat.

“Semoga peringkat Kabupaten Tuban pada Porprov Jatim tahun depan bisa naik,” kata Emawan, sapaan akrabnya, membuka kegiatan Popda XVII di Gedung Tenis Indoor Pemkab Tuban, Senin (21/11/2022).

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Popda KKGO SLTP-SLTA Tuban 2022 Endang Sri Hartatik SPd MPd menyampaikan, perhelatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan KKGO SLTP/SLTA sejak 2001 lalu sampai sekarang.

“Maksud dan tujuan event ini untuk memberikan kesempatan bagi siswa dalam mengembangkan prestasi di bidang olahraga. Selain itu, sebagai evaluasi pembinaan ekstrakurikuler secara bertahap di sekokah. Termasuk sarana kompetisi antarpelajar di seluruh Tuban,” kata Endang.

Untuk rinciannya, dari total 5.212 peserta tersebut terdiri dari cabor sepak bola 50 regu SMP-SMA, bola voli 142 regu SMP-SMA, bola basket 54 regu SMP-SMA, futsal 110 regu SMP-SMA, sepak takraw 40 regu SMP-SMA, bulu tangkis 93 atlet, tenis meja 65 atlet, catur 154 atlet, petanque 54 atlet, dan atletik 584 atlet.