Jangan Cepat Putus Asa, Ini 5 Cara Mengatasi Smartphone yang Lemot - Tugujatim.id

Jangan Cepat Putus Asa, Ini 5 Cara Mengatasi Smartphone yang Lemot

  • Bagikan
Ilustrasi smartphone yang lemot. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Saat ini telepon genggam atau smartphone seolah-olah menjadi kebutuhan bagi manusia. Dengan banyak keistimewaannya yang semakin canggih, inovasi smartphone telah banyak diluncurkan oleh berbagai ahli teknologi terkemuka di dunia. Namun apa jadinya jika perangkat yang kamu gunakan itu semakin lama semakin lemot atau lelet?

Ada banyak alasan yang menyebabkan hal tersebut, misalnya spesifikasi smartphone yang tidak mampu mengemban tugasnya dalam menjalankan aplikasi secara multitasking, memori penyimpanan yang minim, hingga menumpuknya banyak cache dari berbagai aplikasi yang ada di dalam sistem smartphone Android.

Pasti kamu akan sangat kesal dan ingin segera membeli smartphone yang baru. Eitss jangan buru-buru, kamu bisa memperbaikinya dengan beberapa tip mengatasi HP yang lemot.

1. Cek Memori Internal Apakah Sudah Penuh

Penyimpanan data seperti gambar, video, dokumen, suara, bahkan penginstalan aplikasi akan menyebabkan ruang memori pada androidmu akan menipis.

Sebaiknya, instal saja aplikasi-aplikasi dan simpan data yang benar-benar dibutuhkan, jika memang tidak terlalu penting, sebaiknya dibuang saja.

2. Membersihkan Cache

Cache adalah data penyimpanan berkelanjutan yang tersisa saat dan setelah kamu menggunakan aplikasi. Sama halnya dengan data, cache juga bisa membuat ruang penyimpanan ponsel kamu semakin tipis lho.
Terutama jika smartphone kamu sedang menjalankan banyak aplikasi yang meyimpan data secara berkelanjutan dan berat, seperti aplikasi game.

3. Terlalu Banyak Widget

Menghias layar ponsel dengan widget memang akan membuat tampilan semakin cantic, namun hal tersebut justru akan menyebabkan kinerja HPmu terhambat.

Selain itu, daya baterai juga akan mudah terkuras. Kamu bisa memasang widget yang memang benar-benar diperlukan saja.

4. Mengupdate Firmware

Firmware merupakan sistem operasi perangkat seluler yang memiliki versi update sendiri. Lakukanlah update jika ada versi yang baru, cara ini akan mempercepat kinerja ponsel kamu.

Namun, pastikan kamu telah melakukan backup data sebelum melakukan update ini. Selain itu, pastikan juga spesifikasi smartphone kamu cukup dengan yang dibutuhkan oleh firmware terbaru tersebut.

5. Hindari Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Smartphone yang tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar terutama RAM akan sangat repot dalam mengatasinya. Kamu harus menjalankan aplikasi yang dirasa perlu satu per satu, jangan sampai bebarengan hingga menumpuk banyak, dan menyebabkan smartphonemu menjadi lemot. (Mila Arinda/gg)

  • Bagikan