5 Cara Menyimpan Daging Kurban yang Tersisa agar Tahan Lama

  • Bagikan
Ilustrasi daging sapi yang telah dipotong dan ditutup dalam bungkus agar lebih awet. (Ilustrasi: vectorpocket/Freepik) tugu jatim daging kurban
Ilustrasi daging sapi yang telah dipotong dan ditutup dalam bungkus agar lebih awet. (Ilustrasi: vectorpocket/Freepik)

Tugujatim.id – Dalam perayaan Idul Adha, identik dengan pembagian daging kurban, baik itu daging sapi maupun kambing. Namun umumnya, daging-daging yang diperoleh tidak akan habis dalam sekali masak. Bahkan ada juga yang keesokan harinya mendapat pembagian daging lagi. Sehingga penyebabkan daging menumpuk banyak dan harus disimpan agar awet untuk dimasak beberapa hari ke depan.

Untuk itu, dalam menyimpan daging kurban tidak bisa sembarangan, karena bisa mempengaruhi kualitas daging tersebut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut tips menyimpan daging kurban agar awet dan tahan lama.

1. Jangan Cuci Daging yang Akan Disimpan

Mencuci daging memang bisa membersihkannya. Namun jika Anda ingin menyimpan di kulkas, ini adalah cara yang kurang tepat.

Daging kurban yang dicuci kemudian disimpan di dalam kulkas akan membuat bau tak sedapnya semakin kuat. Selain itu, air yang menyerap ke dalam daging membuat kualitasnya menurun.

2. Potong Sebelum Disimpan

Potong daging dengan porsi yang pas menurut Anda. Selain bisa menghemat tempat, hal ini juga akan memudahkan Anda mengolah daging.

3. Jangan Langsung Dibekukan

Jika hendak menyimpan daging kurban di freezer, sebaiknya dinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas. Dinginkan daging selama kurang lebih 6 jam, kemudian baru masukkan ke dalam freezer.

4. Suhu Minus 18 Derajat Celcius

Supaya daging kurban Idul Adha lebih tahan lama dan tak mudah busuk, Anda bisa k menyimpannya di freezer dengan suhu minus 18 derajat Celcius. Suhu ini akan membuat daging menjadi beku dan menidurkan bakteri di dalam daging, sehingga daging menjadi lebih awet.

5. Pilih Kemasan Tertutup

Terakhir, cara menyimpan daging kurban di kulkas yang perlu diperhatikan yaitu kemasannya. Simpan daging di wadah yang tertutup dan kedap udara. Daging yang bersih akan tahan selama 2 hari di dalam kulkas jika dimasukkan ke dalam wadah tertutup. Dan jika diletakkan di dalam freezer akan bertahan hingga 3 bulan.

  • Bagikan