5 Fakta Menarik Tanaman Pisang yang Belum Anda Ketatahui

5 Fakta Menarik Tanaman Pisang yang Belum Anda Ketatahui

  • Bagikan
Kebun pisang
Kebun pisang. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Belakangan ini jagat maya dihebohkan dengan jargon salam dari binjai. Jorgan tersebut diikuti meninju pohon pisang hingga tumbang. Tak pelak, jorgan tersebut membuat popularitas pohon pisang naik dan ramai diperbincangkan.

Tetapi, tahukah Anda sebenernya pohon pisang memiliki beberapa keunikan yang belum banyak diketahui. Apa saja itu? Yuk simak ulasan fakta-fakta menarik tentang pohon pisang berikut ini.

1. Pisang Tergolong Berry

Meskipun tidak memiliki nama berry, faktanya pisang masih termasuk jenis berry. Dikutip dari situs britannica-com, berry dalam botani adalah buah berdaging sederhana yang biasanya memiliki banyak biji diluar, seperti pisang, anggur, dan tomat.

2. Pisang Bukan bukan Pohon

Ciri dari jenis pohon adalah berkayu atau memiliki jaringan kayu dengan serta memilki batang utama dan tajuk yang jelas. Dari kriteria ini, jelas pisang tidak memiliki jaringan kayu dalam batangnya sehingga tidak dapat dikelompokkan dalam pohon melainkan merupakan tanaman herba, seperti halya jahe.

3. Pisang Miliki Banyak Manfaat

Tidak hanya tanaman kelapa saja yang dikenal dengan tanaman seribu manfaat, pisang juga boleh dibilang miliki seribu manfaat. Daun pisang digunakan sebagai pembungkus makanan. Sebagian orang percaya makanan yang dibungkus daun pisang memiliki aroma yang khas dan membuat makanan menjadi lebih sedap.

Bunga pisang atau jantung pisang, tidak hanya sebagai organ perkembangan generatif dan calon buah saja, tetapi juga banyak dikonsumsi sebagai makanan oleh sebagian orang. Jantung pisang ini diyakini juga memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh seperti kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, asam lemak, dll. yang diperlukan oleh tubuh.

Buah pisang memiliki banyak gizi yang sangat beragam dan kaya akan manfaat. Dilansir dari alodokter.com, kandungan nutrisi di dalam pisang meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium.

Kemudian, batang pisang bisa digunakan sebagai pakan ternak serta dibuat kripik untuk camilan. Bahkan, manfaat pisang tidak hanya pada buah dan bunganya saja, ternyata bonggol pisang juga menyimpan banyak manfaat. Seperti dapat diolah menjadi tepung, kerupuk, nuggets, dijadikan dekomposer untuk pembuatan pupuk organik bahkan di Amerika bonggol pisang dijual mahal karena dipercaya dapat digunakan sebagai obat pada pencernaan dan detoksi racun.

4. Pisang Tidak Mati sebelum Berbuah atau Bertunas

Ini adalah fakta unik lain dari tanaman yang satu ini meskipun ditebang berkali kali, pisang akan tumbuh dan bertunas kembali.

5. Pisang Berbuah Satu Kali

hal ini karena pisang hanya memiliki satu jantung saja yang akan tumbuh dan berkembang menjadi buah. Jika jantung pisang ini diambil otomatis tidak akan ada calon buah sehingga hanya ada satu kali pembuahan.

Nah gimana sudah tahu kan fakta-fakta menarik pohon pisang.

  • Bagikan