Tugujatim.id – Era digital mengubah mindset banyak perusahaan untuk bisa mengimbangi dan menyaingi pesaing seiring dengan perubahan zaman. Salah satunya seperti yang dilakukan produk permen legendaris dengan brand Kopiko. Bagaimana strategi pemasarannya hingga eksis sampai sekarang?
Semakin bervariasi strategi pemasaran yang dilakukan, maka semakin besar pula membuka peluang keberhasilan. Maka tidak jarang banyak perusahaan harus memperbarui dan membuat inovasi langkah apa yang perlu dilakukan selanjutnya. Kali ini kita akan mengintip strategi pemasaran salah satu brand Kopiko yang mampu menembus pasar internasional.
Siapa yang tidak kenal dengan brand Kopiko? Brand lokal asal Indonesia yang menyuguhkan kopi berbentuk permen ini mampu menaklukkan para penikmat kopi di seluruh Indonesia.
Saat pertama kali kemunculannya pada 1982, Kopiko telah berinovasi dengan menciptakan sesuatu yang baru, yaitu permen dengan rasa kopi yang autentik. Dengan adanya inovasi ini memberikan sesuatu yang berbeda dan tidak biasa sehingga mampu menarik banyak perhatian masyarakat Indonesia. Sebagai brand dengan kepopularitasannya di pasar lokal, siapa sangka ternyata Kopiko telah sukses dalam langkahnya memasuki pasar internasional.
Dengan membawakan kualitas dan rasa yang autentik, Kopiko mampu memasarkan produknya di berbagai negara Asia, Eropa, Amerika, Afrika, serta mampu mendapatkan respons yang positif. Dalam upaya mengembangkan inovasi, brand Kopiko mencoba menghadirkan berbagai variasi rasa dan produknya untuk dapat mengimbangi preferensi konsumen.
Kehadirannya kini menjadi salah satu permen kopi yang merajai pasar Indonesia dan semakin dikenal secara internasional. Dari keberhasilan tersebut, apa saja sih strategi yang telah diterapkan Kopiko? Berikut 5 strategi yang diterapkan di balik kesuksesan brand lokal yang go international!
1. Melakukan Inovasi
Selain sebagai cara untuk menghadapi persaingan, inovasi menjadi komitmen nyata perusahaan untuk terus memberikan kualitas yang terbaik dan sebagai upaya untuk selalu mencoba menyesuaikan preferensi konsumen. Dalam usaha untuk berinovasi, Kopiko mencoba untuk menciptakan rasa yang berbeda dari permen kopi biasanya.
Pada 2010, Kopiko mulai meluncurkan varian Kopiko Brown Coffee dengan mengubah bagan dasar gulanya menjadi gula aren. Meski dijual dengan harga yang lebih tinggi, namun permen ini dapat dijadikan opsi yang baik karena pemilihan gula aren yang dinilai lebih sehat daripada gula pasir biasa.
2. Meningkatkan Promosi
Promosi menjadi salah satu cara dalam mempertahankan pelanggan. Penayangan promosi berupa iklan dilakukan juga dengan tujuan membantu meningkatkan brand awareness dari produk permen ini. Upaya yang dilakukan Kopiko adalah dengan menayangkan iklan di beberapa media seperti radio dan televisi.
Konten iklan dibuat dengan menyisipkan beberapa pesan seperti slogan untuk memperkuat positioning mereka. Salah satu slogan yang disuarakan seperti “Kopiko, Gantinya Ngopi”. Dengan pemberian slogan tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa Kopiko bisa menjadi pilihan andalan di kala sibuk dengan aktivitas yang sedang dijalani.
3.Marketing melalui Serial Drama Korea
Bagi para penikmat serial drama Korea pasti sudah tidak asing dengan iklan Kopiko yang terselip di beberapa scene drama mereka. Yap, strategi ini dilakukan sebagai upaya untuk memperkenalkan Kopiko di kancah internasional.
Dengan memanfaatkan kepopularitasan drama Korea, Kopiko berusaha untuk meningkatkan eksposur dari para penggemar drama di berbagai dunia. Beberapa scene iklan Kopiko bisa kita lihat di cuplikan drama Vincenzo, Hometown Cha-Cha-Cha. Penayangan iklan ini tentunya berpengaruh positif di kalangan para penggemar. Tidak jarang mereka akan membicarakannya di forum dan grup yang membantu menciptakan awareness dan memperkuat citra merk.
4. Bekerja sama dengan Berbagai Negara
Upaya untuk memperkenalkan produk lokal ini salah satunya dengan bekerja sama dengan distributornya di berbagai negara. Seperti resto-resto besar, ketika pelanggannya memesan kopi maka mereka akan mendapatkan Kopiko sekaligus. Usaha ekspansi ini juga dilakukan secara perlahan dengan membangun beberapa pabrik di beberapa negara untuk membantu menembus pasar yang sulit dijangkau.
5. Memastikan Ketersediaan di Berbagai Saluran Distribusi
Strategi yang difokuskan Kopiko untuk dapat menjangkau seluruh konsumen adalah dengan memastikan ketersediaan di seluruh saluran distribusi. Dengan ketersediaan stok aman akan menjadi langkah efektif untuk dapat memenuhi permintaan konsumen di berbagai wilayah.
Dalam strategi ini menargetkan swalayan, toko, dan outlet yang memang cenderung berinteraksi langsung dengan para calon konsumen. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk langsung menemukan Kopiko tanpa perlu mencari-cari produknya di banyak tempat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Tugujatim.id
Writer: Iqmalia Bella Fortuna Toshi/Magang
Editor: Dwi Lindawati