5 Kebiasaan di Pesantren hanya Santri yang Tahu

5 Kebiasaan di Pesantren hanya Santri yang Tahu

  • Bagikan
Ilustrasi santri di pondok pesantren.
Ilustrasi santri di pondok pesantren. (Foto: Unplash)

Oleh: Abdul Haris Zulkarnain*
Tugujatim.id – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di bulan Oktober 2021 ini, tidak lepas dari kehidupan santri di lingkungan pondok pesantren. Setiap tempat memiliki tradisinya sendiri, begitu juga dengan lingkungan pesantren. Para santri di pondok pesantren memang memiliki banyak sekali kisah atau kebiasaan yang itu hanya dapat dihayati oleh mereka yang pernah nyantri. Kisah itu menjadi istilah khas di kalangan santri. Berikut 5 istilah yang akrab bagi santri.

1. Sorogan

Sorogan untuk menamai aktivitas mengaji langsung dengan guru atau ustaz atau kiai secara tatap muka. Sorogan biasanya diisi dengan kegiatan untuk menyetorkan hasil hafalan santri, baik hafalan hadist maupun bahasa Arab. Selain itu metode sorogan biasanya digunakan di pesantren untuk mengetes kemampuan santri dalam membaca kitab kuning.

2. Ro’an

Ro’an merupakan sebutan pelaksanaan kerja bakti yang ada di lingkungan pesantren. Ro’an berupa kegiatan membersihkan lingkungan pesantren ataupun kerja bakti mengangkat bahan bangunan untuk pondok. Kebiasaan ini sering kali dilakukan di hari libur pondok yaitu hari Jumat.

3. Ta’zir

Istilah ini merupakan hukuman bagi santri yang melanggar peraturan atau tidak mengikuti kegiatan rutin di pondok. Jenis ta’zir bermacam-macam sesuai dengan bagian keamanan pengurus pondok. Ta’zir ringan biasanya hanya disuruh berdiri di kelas, depan pesantren atau di pinggir jalan. Ta’zir sedang dicukur gundul dan diceburkan di kolam. Sedangkan yang paling berat biasanya dikeluarkan dari pesantren.

4. Mayoran

Merupakan agenda makan-makan bersama yang dipersembahkan oleh santri yang barusan mendapatkan momen berharga seperti khatam Alquran. Khatam bait-bait alfiyah, mendapatkan kejuaraan di berbagai lomba atau bahkan karena lamaran.

5. Lalaran

Lalaran adalah istilah mengulang-ulang hafalan nadzom dengan dilagukan secara individu maupun kelompok. Nadzom sendiri yaitu susunan bait-bait syair yang berisi materi pembelajaran

Itulah istilah yang umum ditemukan di Pondok Pesantren. Selamat Hari Santri Nasional 2021.

*Penulis adalah member Pondok Inspirasi.

  • Bagikan