5 Kuliner Cita Rasa Eropa di Yogyakarta

5 Kuliner Cita Rasa Eropa di Yogyakarta

  • Bagikan
Beef Steak, salah satu jenis makanan khas Eropa yang ada di Yogyakarta/tugu jatim
Beef Steak, salah satu jenis makanan khas Eropa yang ada di Yogyakarta. (Foto: Pexel)

YOGYAKARTA, Tugujatim.id – Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, kuliner adalah salah satu wisata yang tidak bisa dilewatkan. Kota budaya ini menyuguhkan berbagai macam kuliner yang memanjakan lidah. Memang makanan khasnya yang terkenal adalah gudeg.

Tetapi selain gudeg kota penuh sejarah ini juga menyediakan menu kuliner lain, dan yang paling mengesankan adalah kuliner dengan cita rasa Eropa. Nah, bagi Anda yang ingin merasakan suasana Eropa di Yogyakarta simak artikel berikut ini.

1. Via Via Artisan Bakery

Makanan ini cocok untuk sarapan dengan pastry ala Eropa di pagi hari. Di tempat ini Anda dapat mencicipi croissant, baguette,  roti sourdough, cinnamon rolls, dan masih banyak varian lain. Artisan bakery yang berlokasinya berada di Jalan Prawirotaman ini telah berdiri sejak tahun 2010an lalu. Dan, selain menjual pastry, Via-via Artisan Bakery juga menyediakan aneka macam teh dan kopi serta rempah-rempah dan herbal natural.

Via-Via Artisan Bakery yang cocok untuk sarapan dengan pastry ala Eropa/tugu jatim
Via-Via Artisan Bakery yang cocok untuk sarapan dengan pastry ala Eropa. (Foto : Instagram @viaviajogja.bakery)

2. Nanamia Pizzeria

Jika sarapan di Artisan Bakery, maka untuk makan siang Anda bisa mengunjungi Nanamia Pizzeria yang terletak di daerah Gejayan dan Mantrijeron. Restoran ini menyediakan kuliner khas Italia seperti pasta, pizza, Bruschetta dan masih banyak lagi.

Mengadopsi slogan La Cucina Tradizionale Della Mamma, Nanamia Pizzeria memberikan pengalaman spesial dengan menikmati hidangan restoran itu, seperti masakan rumahan Italia yang diolah secara tradisional menggunakan bahan baku segar. Yang terpenting halal dan tanpa MSG.

Nanamia Pizzeria, makanan cita rasa Eropa yang bisa dinikmati siang hari sebagai makan siang/tugu jatim
Nanamia Pizzeria, makanan cita rasa Eropa yang bisa dinikmati siang hari sebagai makan siang. (Foto: instagram @nanamiapizzeria)

3. Tempo Gelato

Untuk menemani siang terik di Jogja sebaiknya Anda berkunjung ke Tempo Gelato. Di sini Anda dapat menikmati aneka makanan. Gelato sendiri adalah kudapan yang cocok untuk menyegarkan dan melepas dahaga di kota Gudeg tersebut.

Tempo Gelato memiliki 3 cabang yang dapat Anda kunjungi serta memiliki 65 macam Gelato dan Sorbet Premium yang bisa Anda nikmati.

Menariknya desain tempatnya sangat instagramable bertema industrial Eropa dengan sentuhan rural Indonesia. Anda akan merasa nyaman berada di tempat ini.

Tempo Gelato, makanan yang cocok dinikmati di siang hari yang panas/tugu jatim
Tempo Gelato, makanan yang cocok dinikmati di siang hari yang panas. (Foto: Instagram @tempogelato.real)

4. Le Mindoni

Menikmati suasana sore, Anda bisa mengunjungi Le Mindoni untuk menikmati secangkir kopi serta Pretzel khas Jerman yang nikmat. Selain menunya yang lezat, cafenya desain ala cafe Prancis. Ini cocok untuk berswafoto karena banyak pernak-pernik instagenic seperti TV, furniture, kamera, dan radio lawas, lampu petromaks, hingga pemutar vinyl.

Berada di situ, kita merasakan suasana lawas yang apik dan nyaman. Berada di lokasi yang strategis di Jalan Kranggan. Bagi Anda yang hendak berkunjung hanya memerlukan jalan kaki sekitar 5 menit dari Tugu Pal Yogyakarta.

Le Mindoni cocok untuk menikmati secangkir kopi serta Pretzel khas Jerman yang nikmat/tugu jatim
Le Mindoni cocok untuk menikmati secangkir kopi serta Pretzel khas Jerman yang nikmat. (Foto : instagram @le.mindoni)

5. Mediterranea Restaurant

Setelah Anda berwisata seharian kuliner Eropa, Anda dapat mengunjungi Mediterranea Restaurant sebagai destinasi bersantap malam. Terletak di Jalan Tirtodipuran, restoran ini menyajikan menu tradisional ala Prancis yang pastinya akan memanjakan lidah.

Mulai dari hidangan pembuka seperti Escargot de Bourgogne dan Céviché Barramundi, menu utama  seperti Entrecôte Grillée d’Australie dan Lamb Shank Tajine with Prunes, hingga penutup seperti Dame Blance dan Panacotta serta banyak pilihan menu lainnya.

Suasana Mediterranea Restaurant saat jam makan malam, beberapa orang tampak menikmati makanan bersama keluarganya/tugujatim
Suasana Mediterranea Restaurant saat jam makan malam, beberapa orang tampak menikmati makanan bersama keluarganya. (Foto: Instagram @mediterranea_r)

Itulah lima wisata kuliner rasa Eropa di Yogyakarta, semalat mencoba ya!

Penulis: Laras UtariEditor: Herlianto. A
  • Bagikan