5 Makanan Tingkatkan Metabolisme Tubuh

5 Makanan Tingkatkan Metabolisme Tubuh

  • Bagikan
Salah satu jenis makanan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh/tugu jatim
Salah satu jenis makanan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. (Foto: Pexels)

Tugujatim.idMetabolisme merupakan kata yang tak asing saat berbicara kesehatan. Ia sering disebut sebagai salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan. Lalu apa sebenarnya metabolisme itu sendiri dan apa makanan yang dapat meningkatkannya?

Dalam dunia kesehatan, metabolisme merupakan sebuah proses dalam tubuh untuk mengubah zat gizi pada makanan menjadi energi. Terkadang metabolisme bekerja secara lambat, biasanya ditandai dengan penambahan berat badan, kelelahan atau kulit kering.

Faktor yang mempengaruhi lambatnya metabolisme bisa karena usia dan susunan genetik seseorang. Orang yang sudah memasuki usia lanjut, metabolisme tubuhnya cenderung melambat. Tetapi ada juga yang metabolisme tubuhnya lambat meskipun usianya cukup muda. Biasanya salah satu faktornya adalah pilihan makanan yang tidak tepat.

Dengan kata lain, mengkonsumsi makanan yang tepat akan membantu proses mempercepat metabolisme tubuh. Catatan pentingnya adalah metabolisme yang baik akan memperbaiki kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Nah, berikut adalah 5 jenis makanan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebagaimana diuraikan oleh Laura Burack MS, RD  founder dari GetNaked Nutrisi sekaligus penulis dari Slimdown with Smoothies. Dilnsir dari Eat This.

1. Telur

Protein pada telur berperan penting meningkatkan proses metabolisme tubuh.  Apalagi telur termasuk makanan dengan rendah kalori dan lemak. “Protein memiliki fungsi ganda dalam hal kesehatan dan pemeliharaan berat badan karena ia tidak hanya memiliki TEF (efek termal) yang lebih tinggi. Tapi juga membuat Anda tetap kenyang lebih lama,” kata Burack.

2. Kacang dan Biji-bijian

Satu paket snack yang direkomendasikan saat Anda tidak memiliki banyak waktu adalah kacang dan biji-bijian. Makanan ini juga menigkatkan metabolisme tubuh.

“Segenggam kacang dan biji-bijian akan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, bukan hanya untuk menjaga kesetabilan gula darah, namun juga menjaga waktu makan. Tapi ini adalah jenis makanan portabel yang terdiri dari 3 makro-karbo, protein, dan lemak,” jelas Burack.

3. Makanan Berempah

Diketahui rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan lada hitam telah terbukti dalam suatu penelitian di British Journal of Nutrition bahwa bahan-bahan tersebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Air Mineral

Meskipun secara teknis air bukanlah makanan, tapi perannya dalam metabolisme tubuh tidak kalah dengan makanan lain yang sudah disebutkan.

“Air tidak hanya membantu Anda tetap kenyang dan menahan rasa lapar saat mengisi perut Anda. Tapi ini membantu dalam metabolisme, mencerna dan menyerap makanan Anda, serta menjaga buang air besar secara teratur,” papar Burack

5. Alpukat

Burack mengatakan bahwa alpukat merupakan makanan terenak yang ada. Mengkonsumsi makanan ini dapat membuat kita kenyang dan puas karena kandungan didalamnya banyak. Ada vitamin, mineral, serat, serta lemak yang sehat bagi jantung.

Penelitian dalam jurnal nutrisi mengungkapkan bahwa buah Alpukat dapat membantu orang dengan lemak berlebih, gula tinggi, serta lemak tubuh yang berlebihan.

Kombinasikan makanan di atas dengan camilan favoritmu, agar kondisi metabolisme tubuh tetap bekerja baik.

  • Bagikan