5 Manfaat Bermain Kalimba, Alat Musik Tradisional dari Afrika

5 Manfaat Bermain Kalimba, Alat Musik Tradisional dari Afrika

  • Bagikan
Kalimba alat musik Afrika/tugu jatim
Kalimba alat musik Afrika. (Foto : Dokumen/ Millenia Safitri)

Tugujatim.idKalimba atau yang dikenal sebagai piano jempol adalah alat musik tradisional dari Afrika. Alat musik ini terbuat dari kayu atau akrilik yang memiliki tuts-tuts logam di atasnya. Suara yang dihasilkan oleh kalimba ini sangat merdu dan mampu membuat pendengarnya jatuh cinta.

Kalimba sendiri akhir-akhir ini sering dimainkan oleh orang Indonesia, terlihat dari berbagai cover kalimba yang beredar di YouTube. Alat musik ini memang alat musik yang unik dan mudah dibawa kemanapun, tidak heran jika orang-orang tertarik untuk memainkannya. Manfaat yang dihasilkan oleh alat musik ini juga tidak main-main, sangat direkomendasikan di saat pandemi seperti ini. Berikut 5 manfaat bermain kalimba.

1. Meredakan Stres

Ketika pikiran dan hati sedang kalut terhadap sesuatu, kamu butuh mengalihkan diri sejenak. Kalimba bisa menjadi pilihan untuk me-refresh diri agar terhindar dari kejenuhan. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini, di mana orang-orang rentan terhadap stres. Kalimba dengan melodinya yang merdu dapat menenangkan dan  mengatur suasana hati.

2. Dapat Mengekspresikan Diri

Sama seperti kegiatan seni lainnya, memainkan kalimba juga bisa membuat seseorang  lebih mengekspresikan diri. Kalimba menjadi sebuah media untuk menunjukkan kondisi emosional, pikiran, dan kreativitas seseorang yang tertuang dalam setiap suara not yang keluar. Jadi, bermain kalimba bukan hanya sekadar memainkan not, tetapi juga ada sesuatu yang hidup dalam setiap permainannya.

3. Melatih Konsentrasi

Seseorang yang bermain kalimba akan terlatih konsentrasinya. Sebab saat bermain kalimba, ia telah terbiasa untuk fokus membaca chord, dan menekan tuts sesuai nada dan irama. Bermain kalimba juga termasuk olahraga otak yang melatih fungsi kognitif. Jadi, jika konsentrasi mudah menurun, bermain kalimba bisa menjadi solusinya.

4. Meningkatkan Koordinasi

Koordinasi sangat dibutuhkan saat bermain kalimba. Antara jari dan mata harus berkoordinasi dengan baik agar tidak salah saat menekan tuts-tuts kalimba. Oleh karena itu, semakin sering seseorang memainkannya, koordinasinya akan meningkat. Ia akan lebih mudah untuk  menyesuaikan gerakan satu dengan gerakan lainnya.

5. Mengasah Kreativitas

Memainkan alat musik kalimba dapat meningkatkan kreativitas. Seiring seringnya Anda bermain, maka kreativitasmu akan terasah. Anda bisa mengkover lagu dengan improvisasi sesuai gayamu. Bahkan Anda juga bisa belajar memainkan not-not kalimba untuk membuat sebuah lagu.

Itulah manfaat bermain kalimba. Selamat mencoba!

  • Bagikan