5 Manfaat Senyum bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa - Tugujatim.id

5 Manfaat Senyum bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

  • Bagikan
Ilustrasi tersenyum yang bermanfaat bagi kesehatan mental maupun fisik. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi tersenyum yang bermanfaat bagi kesehatan mental maupun fisik. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Banyak dari kita yang menganggap jika tersenyum hanyalah respon atau refleks yang kita berikan kepada sesuatu yang membuat kita senang. Nyatanya, tersenyum memiliki banyak manfaat yang menguntungkan bagi diri kita sendiri.

Dilansir dari Verywell Mind, banyak yang melihat tersenyum hanya sebagai respons yang tidak disengaja terhadap hal-hal yang membuat Anda gembira atau menimbulkan tawa.

Meskipun itu benar, ada satu hal penting yang tidak bisa diabaikan: Tersenyum bisa menjadi pilihan yang disengaja dan tidak disengaja. Saat anda tersenyum baik secara tulus atau tidak, senyum dapat mempengaruhi tubuh dan pikiran Anda dalam berbagai cara yang positif. Mulai dari manfaat bagi kesehatan Anda sendiri, suasana hati Anda, dan bahkan suasana hati orang-orang di sekitar Anda.

Berikut ini 5 alasan utama mengapa Anda harus tersenyum setiap hari.

1. Tersenyum Membuat Anda Hidup Lebih Lama

Mungkin alasan paling kuat untuk tersenyum adalah karena hal itu dapat memperpanjang umur Anda secara keseluruhan. Salah satu studi di tahun 2010, menemukan bahwa senyuman yang tulus dan intens dikaitkan dengan umur yang lebih panjang.

Secara keseluruhan, orang yang bahagia tampaknya lebih menikmati hidup mereka dan memiliki umur yang panjang. Meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami mengapa dikatakan demikian.

Penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan dapat meningkatkan usia hidup selama bertahun-tahun — disarankan juga untuk mempertahankan suasana hati yang bahagia dan positif sebagai bagian penting dari gaya hidup sehat.

2. Senyum Meredakan Stres

Stres dapat mempengaruhi seluruh tubuh kita, dan itu benar-benar terlihat di wajah kita. Tersenyum tidak hanya membantu mencegah kita terlihat lelah, lesu, dan kewalahan, tetapi sebenarnya juga dapat membantu mengurangi stres.

Percaya atau tidak, tersenyum dapat mengurangi stres meskipun Anda tidak ingin tersenyum atau bahkan jika Anda hanya berpura-pura tersenyum.

Saat Anda stres, luangkan waktu untuk tersenyum. Anda dan orang-orang di sekitar Anda akan merasakan manfaatnya.

3. Senyum Meningkatkan Mood

Saat Anda merasa sedih, cobalah tersenyum. Ada kemungkinan besar suasana hati Anda akan berubah menjadi lebih baik. Tindakan fisik tersenyum sebenarnya mengaktifkan jalur di otak Anda yang mempengaruhi keadaan emosional Anda.

Artinya dengan menunjukan wajah bahagia, Anda dapat “mengakali” pikiran Anda untuk merasakan bahagia dan melupakan sedih yang sebelumnya Anda rasakan.

Senyuman sederhana dapat memicu pelepasan neuropeptida yang meningkatkan komunikasi saraf Anda, serta neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin, yang dapat meningkatkan suasana hati Anda. Pikirkan yang bahagia seperti antidepresan alami.

4. Tersenyum Itu Menular

Sudah berapa kali Anda mendengar bahwa tersenyuman memiliki kekuatan untuk membangun suasana? Meskipun hal tersebut jelas merupakan sentimen yang indah, pernyataan itu tidak sepenuhnya salah.

Tersenyum tidak hanya dapat meningkatkan suasana hati sendiri, tetapi juga dapat mengubah suasana hati orang lain menjadi lebih baik.

Otak Anda secara otomatis memperhatikan dan menafsirkan ekspresi wajah orang lain — dan terkadang, Anda bahkan terpengaruh oleh itu. Hal itu menunjukan saat Anda mungkin melihat senyum orang lain, tanpa sadar Anda sendiri juga tersenyum. Dan, ya, secara ilmiah terbukti bahwa senyuman itu menular.

5. Senyum Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tersenyum sendiri dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dengan membantu sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi lebih efektif.

Saat Anda tersenyum, fungsi kekebalan diperkirakan meningkat karena Anda lebih rileks (akibat pelepasan neurotransmiter tertentu).

Baik saat Anda berusaha menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, atau memperkuat sistem kekebalan Anda menjelang perubahan musim. Dan dengan tersenyum, itu dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

Itu dia 5 alasan utama mengapa kita harus tersenyum setiap hari. Masih banyak lagi mengapa kita harus tersenyum yang bisa Anda rasakan sendiri. Sudahkan Anda tersenyum hari ini? Karena senyum adalah riasan terbaik yang bisa kita gunakan untuk menjadi lebih percaya diri dan bahagia!

  • Bagikan