5 Pesona Wisata Indonesia yang Wajib Kamu Tahu - Tugujatim.id

5 Pesona Wisata Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

  • Bagikan
Lembah Harau, salah satu pesona wisata yang ada di Indonesia, tepatnya di Sumatra Barat. (Foto: Pemkab Lima Puluh Kota, Sumbar) tugu jatim
Lembah Harau, salah satu pesona wisata yang ada di Indonesia, tepatnya di Sumatra Barat. (Foto: Dokumen/Pemkab Lima Puluh Kota, Sumbar)

Tugujatim.id – Pandemi memang belum usai tapi apa salahnya untuk merencanakannya mulai sekarang. Daftar wisata berikut bisa masuk ke dalam bucket list tahun depan untuk kamu yang ingin wisata keliling Indonesia. Daripada penasaran langsung saja simak 5 rekomendasi wisata keliling Indonesia berikut ini:

1. Lembah Harau – Sumatera Barat

Bagi sejumlah orang, wisata Lembah Harau bisa menjadi ikon wisata di Pulau Sumatera. Lembah Harau berjarak sekitar 145 kilometer dari pusat Kota Padang tepatnya di Kabupaten Lima Puluh Kota. Wisata ini cukup banyak dikenal baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wisata ini sangat pas untuk kamu yang ingin memanjakan mata dengan bentangan panorama yang dikeliling tebing tinggi batuan alam. Tebing yang mengitari dataran hijau ini seolah tembok raksasa yang membatasi lembah di bawahnya. Tinggi dari dinding tebing ini diperkirakan mencapai 200-400 meter yang menciptakan keindahannya terutama saat pagi dan waktu senja.

Selain panorama ini, pengunjung juga bisa menikmati air terjun yang ada di sekitar wisata Lembah Harau. Terdapat 6 air terjun yang bisa dikunjungi seperti Air Terjun Sarasah Jambu dan Air Terjun Akar Berayun. Pengunjung juga bisa melakukan trekking di kawasan sekitar tebing melalui jalan setapak.

2. Dataran Tinggi Dieng – Jawa Tengah

Berpindah ke pulau Jawa kamu bisa menjadikan wisata Dataran Tinggi Dieng sebagai destinasi yang mewakili pulau ini. Dieng sudah seperti surga dunia yang akan memberikan sensasi berlibur sekaligus menenangkan diri karena bukan hanya sekedar wisata namun pengunjung bisa menikmati budaya dan kearifan lokal di sana.

Dataran Tinggi Dieng terletak di dua wilayah yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara dengan ketinggian 2.093 m dari atas permukaan laut. Ketinggian inilah yang menjadikan dataran Dieng daerah yang sejuk dengan panorama alamnya.

Dengan berwisata ke Dieng, kamu bisa menikmati beragam jenis wisata di kawasan ini mulai dari gunung, gua, telaga, kawah, candi, sumber air panas, dan lainnya. Jadi cukup datang di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng kamu bisa menjelajahi banyak tempat wisata dalam jarak yang berdekatan.

3. Taman Nasional Tanjung Puting – Kalimantan Tengah

Menuju ke pulau Kalimantan, kamu bisa memilih Taman Nasional Tanjung Puting sebagai destinasi berikutnya. Taman Nasional ini tepatnya terletak di Teluk Pulai, Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Aktivitas yang paling menarik di destinasi ini adalah menyusuri Sungai Sekonyer menggunakan perahu klotok. Di sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati suasana hutan hujan tropis bahkan hutan bakau. Beberapa orang mengatakan terasa seperti menyusuri sungai Amazon.

Ekosistem di Taman Nasional Tanjung Puting ini juga menjadi habitat bagi berbagai satwa seperti Orang Utan. Disini kamu bisa melihat mereka di habitat aslinya bahkan saat mereka bergelantungan bebas di pohon-pohon di sepanjang sungai.

4. Taman Nasional Bunaken – Sulawesi Utara

Bicara soal wisata bahari, maka Taman Nasional Bunaken menjadi pilihan yang paling tepat. Di kawasan wisata ini kamu bisa menikmati keindahan surga laut karena keberagaman flora dan fauna laut yang ada di taman nasional ini.

Taman Nasional Bunaken berlokasi di Kabupaten Minahasa, Kotamadya Manado, Sulawesi Utara. Bagi Indonesia, Bunaken adalah representatif ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan atau pesisir. Di wisata ini ada sejumlah kegiatan yang ditawarkan mulai dari diving, snorkeling, berjemur, dan berenang di laut.

5. Raja Ampat – Papua Barat

Menuju ke destinasi pulau terakhir, Raja Ampat menjadi pilihan yang tepat untuk menutup wisata keliling Indonesia. Kepulauan yang berada di ujung barat pulau Papua ini merupakan tujuan bagi para petualang terutama para penyelam. Raja Ampat adalah representasi ‘sang mutiara’ dari timur.

Di Raja Ampat terdapat 4 pulau utama yang paling besar, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Di wisata ini, kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan bawah lautnya namun juga ada pantai dan hutan tropis yang tidak kalah menarik. Selain itu kamu juga bisa datang ke desa Sawinggrai atau desa Saporkrein untuk melihat burung Cenderawasih dari dekat. (Andita Eka W/gg)

  • Bagikan