5 Rekomendasi Film Bertema Kemerdekaan Indonesia, Cocok untuk Memperingati HUT RI ke-77

Poster Film Soekarno.
Poster Film Soekarno. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Bulan Agustus merupakan bulan yang spesial untuk bangsa Indonesia. Di bulan inilah para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Untuk tetap menghormati para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia, Tugu Jatim memilih beberapa film yang cocok untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2022 mendatang.

1. Merah Putih (2009)

Merah Putih, salah satu film yang bercerita tentang perjuangan melawan tentara Belanda pada 1947. Film ini disutradarai oleh Yadi Sugandi yang rilis pada tahun 2009. Film ini memiliki semboyan “untuk merdeka mereka bersatu”.

Merah Putih sangat cocok ditonton untuk menyambut kemerdekaan Indonesia. Agar kita sebagai bagian dari bangsa ini tetap menghargai jasa jasa para pahlawan yang telah berjuang banyak demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Poster Film Merah Putih. (Foto: Pinterest)

2. Soekarno (2013)

Soekarno merupakan cerita biografis presiden pertama Indonesia yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini bercerita tentang bagaimana kemerdekaan ini dirumuskan oleh para pahlawan dan bagaimana perjuangan Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Film ini rilis pada 2013. Ario Bayu disini berperan sebagai pemeran utama yang memerankan Soekarno.

Poster Film Soekarno. (Foto: Pinterest)

3. Bumi Manusia (2019)

Film satu ini bercerita tentang perjuangan cinta seorang manusia pribumi. Rilis pada 2019 lalu yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Bumi manusia merupakan film adaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer. Dibintangi artis muda seperti Iqbal Ramadhan (Minke) dan Mawar Eva De Jongh (Annelies).

Poster Film Bumi Manusia. (Foto: Pinterest)

4. Guru Bangsa : Tjokroaminoto (2015)

Film ini menceritakan tentang biografi dari pahlawan nasional Indonesia Tjokroaminoto. Dulunya ia bekerja di pemerintahan pada masa hindia Belanda, namun ia memilih mengundurkan diri karena melihat adanya ketidakadilan di dalamnya. Film ini dirilis pada 2015 dan dibintangi oleh Reza Rahardian. Film ini juga meraih beberapa penghargaan pada Festival Film Indonesia Pada tahun 2015.

Poster Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (Foto: Pinterest)

5. Perburuan (2019)

Film ini bercerita tentang sejarah Indonesia yang rilis pada tahun 2019. Dibintangi oleh artis muda Adipati Dolken yang berperan sebagai Hardo dan Ayu Sinta sebagai Ningsih. Film ini bercerita tentang perjalanan 6 bulan setelah kegagalan tentara PETA (Pembela Tanah Air) melawan tentara Jepang. Film ini memilih Surabaya sebagai tempat syutingnya. Hal itu dianggap
karena sesuai dengan latar belakang film dan latar belakang cerita dari film ini yang sesuai dengan perjuangan pada 10 November di Surabaya.

Poster Film Perburuan (Foto: Instagram Ernest Samudra)

Itulah beberapa rangkuman film dari Tugu Jatim yang sesuai dengan tema Kemerdekaan Indonesia. Semoga dengan menonton film film perjuangan tersebut kita sebagai anak muda tidak lupa akan jasa jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan!!!

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim