Tips  

Lagom, Konsep Gaya Hidup Seimbang Orang Swedia, Bahagia Itu Ternyata Sederhana

Ilustrasi hidup bahagia.
Ilustrasi hidup bahagia. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.idGaya hidup merupakan suatu pola atau kebiasaan orang yang berbeda dengan orang lain. Gaya hidup atau lifestyle tidak hanya dilihat dari aktivitas olahraga, cara makanan sehat, tetapi juga dilihat dari aspek pekerjaan, pakaian, rumah, dan lainnya.

Dalam filosofi Swedia, istilah yang digunakan untuk menyebut gaya hidup seimbang adalah lagom. Lagom artinya cukup. Konsep ini bisa diartikan sebagai “tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit (yang penting cukup)”. Kalau orang Jawa sering bilang “nrimo ing pandum”.

Menurut World Happiest Report tahun 2018, negara dengan tingkat kebahagiaan tinggi atau menempati peringkat teratas adalah negara-negara Skandinavia, seperti Norwegia, Swedia, Finlandia dan Denmark.

Ternyata, tingkat kebahagiaan dan gaya hidup ala orang Swedia memilki pengaruh besar selain karena alasan keamanan, kesehatan dan pekerjaan warga di sana. Penyebabnya ialah orang Swedia kebanyakan menggunakan konsep lagom, yakni menerapkan hidup pada keseimbangan, tidak lebih tidak kurang, hanya bermodalkan kata “cukup”.

Masyarakat Swedia menerapkan pola “work life balance” yang ada pada kehidupan sehari-hari, tidak ada kata lembur bagi mereka dan jumlah jam kerja mereka hanya 6 jam/hari.

Hal ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas. Jika mereka punya waktu libur atau tidak bekerja, mereka biasanya melakukan hal-hal yang positif.

Namun, konsep lagom ini bisa membagi waktu untuk bersosialisasi. Bersosialisasi yang dimaksud ialah mementingkan kelompok atau kebersamaan. Mereka pun bahagia berkat bisa membantu orang lain bukan cuma hanya pribadi saja.

Positif dari adanya lagom ialah menghindarkan terjadinya konsumerisme, foya-foya, selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan atau didapat. Intinya ialah selalu berkecukupan.

Gaya hidup Lagom menuntun pada kebahagiaan dengan cara melalui keseimbangan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari meskipun cuma minimalis.

Jadi, pada intinya ialah menerapkan konsep lagom berarti membuat kita terasa bahagia, sederhana, apa adanya yang sudah dimilki dan itu membuat jadi kita bersyukur.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim