Tips  

5 Rekomendasi Lomba 17 Agustus Berbasis Media Sosial, Mana yang Paling Seru?

Lomba 17 Agustus. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi perayaan 17 Agustus. (Foto: Pixabay)

MALANG, Tugujatim.id – Suasana menjelang Hari Kemerdekaan RI ke-77 sudah mulai terasa dengan hadirnya beragam pernak-pernik warna merah putih di lingkungan sekitar. Namun, ada hal yang paling ditunggu-tunggu masyarakat, yaitu lomba 17 Agustus.

Ya, memang banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk menyambutnya. Namun, yang paling seru dan menantang jika mengikuti lomba 17 Agustus secara bersama-sama. Tapi, mungkin saat ini masih masa pandemi Covid sehingga ada cara menggelar lomba dengan tidak mengumpulkan massa terlalu banyak melalui media sosial.

Apa saja ya rekomendasi lomba 17 Agustus yang bisa mengasah kecerdasan dan terus memupuk rasa nasionalisme kamu hanya lewat media sosial:

1. Bikin Video Kemerdekaan

Peserta ditantang membuat video berdurasi 5-10 menit dengan tema kemerdekaan RI. Lomba ini bisa untuk semua kalangan, baik remaja, dewasa, maupun lansia. Bahkan, siswa madrasah atau sekolah-sekolah juga bisa ikut lho! Untuk menilai karya dari para peserta bisa dilihat dari kreativitas, kualitas audio, video, dan juga nilai yang akan disampaikan dari karya tersebut.

2. Buat Poster Hari Kemerdekaan

Poster kemerdekaan yang dimaksud adalah membuat ucapan Hari Kemerdekaan disertai dengan nilai-nilainya yang diterapkan pada visual gambar digital. Penilaian ini dapat dilihat dengan cara kombinasi warna yang dipilih dan objek yang dibuat untuk lebih percaya terhadap karya yang murni.

Peserta diharuskan mengirim file format mentahan, contohnya melalui CDR, SVG, photoshop, dan aplikasi desain yang lainnya. Tujuannya untuk melihat proses karya itu dibuat dari awal.

3. Lomba Puisi Tema Kemerdekaan

Lomba ini bisa diterapkan untuk semua kalangan, khususnya remaja. Ini salah satu lomba yang sangat mendukung sekolah-sekolah untuk membentuk pendidikan karakter dan menanamkan jiwa nasionalisme pada siswa.

Peserta mengirimkan video beserta tulisan untuk dinilai penyelenggara. Penilaian bisa berupa intonasi, pelafalan, dan nilai di dalam puisi itu sendiri.

4. Penulisan Artikel Kemerdekaan

Menulis artikel menjadi lomba yang bermanfaat baik bagi siapa pun. Dalam menulis, kamu bisa tahu karakter seseorang dinilai dari karya tulisannya. Dalam hal ini bukan hanya tulisan yang dinilai, tapi juga dilihat dari EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) yang benar.

5. Lomba Game Online

Fokus utama lomba game online ini adalah untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan dan hiburan bagi para remaja dan kalangan dewasa. Nilai yang terdapat pada lomba ini adalah kebersamaan antara satu dengan yang lainnya. Game yang dilombakan bisa bebas. Misalnya game yang sedang naik daun seperti: Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, PES, dan masih banyak game yang lainnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim