5 Sayuran yang Banyak Mengandung Vitamin K

5 Sayuran yang Banyak Mengandung Vitamin K dan Baik untuk Anak

  • Bagikan
Ilustrasi ragam sayuran yang mengandung banyak vitamin K dan baik untuk kesehatan tubuh. (Foto: Pexels) tugu jatim sayuran
Ilustrasi ragam sayuran yang mengandung banyak vitamin K dan baik untuk kesehatan tubuh. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Vitamin K merupakan salah satu nutrisi penting bagi kesehatan. Vitamin ini larut dalam lemak dan berperan sebagai pembekuan darah. Jadi dapat membantu menghentikan pendarahan.

Selain itu vitamin K juga membantu membuat protein lain dalam tubuh yang penting untuk kesehatan darah, tulang, dan ginjal. Karena masa kanak-kanak merupakan periode pembentukan tulang dalam kehidupan, maka penting sekali untuk memperhatikan nutrisi ini.

Namun, Anda juga harus memperhatikan dosis vitamik K yang akan diberikan pada anak. Simak penjelasan mengenai dosis vitamik K untuk anak sesuai usianya.

• 0-6 bulan = 2.0 mikrogram / hari
• 7-12 bulan = 2,5 mikrogram / hari
• 1-3 tahun = 30 mikrogram / hari
• 4-8 tahun = 55 mikrogram / hari
• Anak laki-lai/perempuan 9-13 tahun = 60 mikrogram / hari
• Anak laki-laki/perempuan 14-18 tahun = 75 mikrogram / hari

Ada dua jenis utama Vitamin K, yang dikenal sebagai vitamin K-1 atau phylloquinone, dan K-2 atau menaquinones. Vitamin K-1 berasal dari tumbuhan, sedangkan Vitamin K-2 ada dalam jumlah yang lebih kecil pada makanan hewani dan makanan fermentasi, seperti keju.Dan berikut beberapa sayuran yang mengandung vitamin K.

1. Bayam

Tahukan mom, dalam ½ cangkir bayam yang dimasak mengandung 444 mcg vitamin K yang baik untuk tubuh. Bayam juga memiliki Vitamin A, B dan E, magnesium, folat, dan zat besi.

2. Brokoli

1/2 cangkir sayur brokoli yang telah dimasak memiliki 85 mcg Vitamin K, jika Anda memasaknya dengan minyak canola atau minyak zaitun maka Anda telah menambahkan sekitar 10 mcg Vitamin K per satu sendok makan minyak tersebut.

3. Sayur kol

Sayur kol mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dalam 1/2 porsi cangkir kol mengandung 82 mcg Vitamin K.

Sayur ini juga memiliki protein, serat, Vitamin C, folat, mangan, Vitamin B6, kalsium, kalium, dan magnesium. Selain itu, sayur kol juga mengandung sejumlah kecil mikronutrien lainnya, termasuk Vitamin A, zat besi dan riboflavin.

Vitamin B6 dan folat yang terdapat pada sayur kol, pening untuk metabolisme energi dan fungsi normal sistem saraf.

4. Asparagus

Dalam 1/2 cangkir sayur asparagus yang telah dimasak mengandung 72mcg Vitamin K. Ingatlah bahwa memberikan banyak asupan kaya Vitamin K pada anak dalam satu hari tidak akan berdampak jangka panjang pada anak.

Hal ini disebabkan karena tubuh tidak menyerap banyak Vitamin K dari makanan dan dapat dibuang dengan cepat.

5. Selada

1 porsi cangkir sayur selada romaine mengandung 60mcg Vitamin K. Selada merupakan sumber Vitamin K yang paling populer di menu makanan Amerika. Biasanya disajikan dalam bentuk salad, tumis, di masukkan dalam campuran sup, hingga di panggang. (Mila Arinda/gg)

  • Bagikan