5 Tip Ampuh Hindari Kecanduan Media Sosial

  • Bagikan
Ilustrasi penggunaan gawai dalam kehidupan sehari-hari dalam menggunakan media sosial. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi penggunaan gawai dalam kehidupan sehari-hari dalam menggunakan media sosial. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Tak dipungkiri, pada zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, manusia dipermudah dengan adanya media sosial untuk melakukan percakapan dengan orang lain tanpa harus bertemu secara langsung. Apalagi dengan adanya pandemi seperti sekarang ini, media sosial seolah menjadi cara efektif untuk bersosialisasi.

Kemudahan tersebut menjadi dampak positif yang dihasikan dari media sosial. Namun, kemudahan itu terkadang membuat kita larut di dalamnya hingga tak mengenal waktu. Sadarkah Anda, hal tersebut bisa mengubah perilaku sehari-hari dalam dunia nyata.

Anda sering melihat kehidupan orang lain di dunia maya, seolah-olah kehidupan yang dilihat itu sempurna. Tapi, Anda juga lupa dengan apa yang pernah didapat. Akibatnya, akan muncul rasa iri dalam diri.

Selain itu, banyak penelitian yang telah menemukan hubungan kuat antara media sosial dengan dampak negatif seperti peningkatan risiko depresi, kecemasan, dan kesepian. Agar hal tersebut tidak terjadi pada diri Anda, lakukan beberapa cara ini agar terhindar dari kecanduan media sosial:

1. Gunakan Pengingat Waktu Memakai Media Sosial

Cara ini bisa mengingatkan Anda berapa banyak waktu yang telah digunakan untuk bermain di media sosial. Namun, cara ini tidak akan berjalan jika sang pengguna tidak memiliki kesadaran diri untuk berhenti menggunakan media sosial saat waktunya telah tiba.

2. Matikan Notifikasi saat Anda sedang Beristirahat

Saat bekerja, nyalakan notifikasi memang sangat penting untuk berkoordinasi dengan rekan kerja. Setelah itu, Anda dapat mematikan notifikasi agar Anda bisa lebih fokus untuk beristirahat dari media sosial.

3. Jadwalkan Waktu Rutin untuk Tidak Menggunakan Gawai

Dengan memiliki jadwal rutin tidak memegang gawai, bisa menjadi salah satu cara untuk Anda terbiasa hidup tidak tergantung pada gawai. Anda bisa menjadwalkannya setiap makan atau satu jam sebelum tidur.

4. Ganti Kebiasaan Bermain Media Sosial dengan Kegiatan Lain

Anda bisa mencari kegiatan lain yang mengharuskan Anda untuk menjauhi gawai. Contohnya olahraga, bincang dengan teman atau keluarga, membaca buku fisik, memasak, dan lain-lainnya. Cara ini bisa membuat kegiatan Anda lebih produktif dan berkualitas.

5. Hapus Aplikasi Media Sosial

Jika Anda benar-benar kesulitan untuk berhenti satu detik dari media sosial, Anda bisa menghapus salah satu aplikasinya. Jadi, akan menghindari Anda kecanduan menggunakan media sosial.

  • Bagikan