Jelang Ramadhan, Harga Daging Ayam Naik hingga 35 Persen! - Tugujatim.id

Jelang Ramadhan, Harga Daging Ayam Naik hingga 35 Persen!

  • Bagikan
Ilustrasi pedagang daging ayam di pasar. (Foto: Azmy/Tugu Jatim)
Ilustrasi pedagang daging ayam di pasar. (Foto: Azmy/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Di tengah harga cabai yang berangsur normal, kini harga daging ayam di pasaran jelang bulan Ramadhan justru meroket. Informasi yang dihimpun tugumalang.id, partner tugujatim.id, harga normal Rp 30 ribu, kini melonjak di kisaran Rp 37 ribu-Rp 40 ribu per kilo atau naik 25-35 persen.

Untuk harga cabai sendiri yang harganya terdampak saat musim hujan mencapai Rp 120 ribu per kilo, kini sudah turun di kisaran angka Rp 60 ribu-Rp 65 ribu.

“Karena saat ini kan petani cabai sudah mulai bisa panen,” terang Kasi Pengendalian dan Pengawasan Diskopindag Kota Malang Luh Putu Eka Wilantari saat dihubungi Jumat (09/04/2021).

Sementara itu, untuk harga daging ayam, dia mengatakan, kini merangkak naik hingga Rp 37 ribu-Rp 40 ribu per kilo. Meski begitu, kenaikan itu tidak terbilang tinggi. Menurut Luh Putu Eka, penyebab kenaikan harga daging ayam ini karena stok daging menipis.

“Permintaan banyak, pasokan daging berkurang. Sehingga peternak terpaksa panen muda. Artinya, ayam ternaknya belum waktunya dipotong, sekarang langsung dipotong,” terangnya.

Dengan adanya peningkatan harga daging ayam ini, pihak Diskopindag Kota Malang akan memantau terus-menerus di lapangan. Jika masih ada kenaikan, pihaknya akan menggelar operasi pasar murah.

“Kami juga akan datangi langsung ke peternak ayam. Kami akan terus memantau,” ujarnya.

  • Bagikan