5 Tipe Kelelahan, Mungkin Kamu Merasakan Salah Satunya - Tugujatim.id

5 Tipe Kelelahan, Mungkin Kamu Merasakan Salah Satunya

  • Bagikan
Ilustrasi orang yang sedang kelelahan.
Ilustrasi orang yang sedang kelelahan. (Foto: Limone)

Oleh: Risky Sherly Putri*

Tugujatim.id – Siapa yang tidak pernah merasakan lelah? Tentu, kita semua pernah merasa lelah. Mulai lelah yang bisa dihilangkan dengan cara tidur hingga yang tidak hilang-hilang. Nah, yang terakhir ini harus dicari obatnya.

Setiap rasa lelah pasti ada obatnya, namun sebelum mengobatinya kita harus tau tipe kelelahan apa yang kita alami. Mulai dari lelah fisik hingga lelah mental. Pengetahuan ini penting agar upaya mengurangi kelelahan sesuai dengan tipenya. Ada 5 tipe kelelahan.

1. Lelah secara fisik

Sesuai dengan namanya, lelah ini berupa mata merah, pegal-pegal dan lainnya. Penyebabnya bisa karena otot yang tengang setelah olahraga, pola makan yang kurang baik, pola tidur yang kurang baik. Dan, solusi untuk mengatasi kelelahan fisik adalah istirahat yang cukup, olahraga yang teratur dan menjaga pola makan.

2. Lelah secara sosial

Biasanya ditandai dengan kamu yang merasa lelah bersosial dengan orang lain, baik secara online maupun secara langsung. Ini mungkin relate dengan kamu yang introvert, namun yang extrovert juga dapat merasakan ini. Solusi yang dapat kamu lakukan adalah me time.

3. Lelah secara emosional

Kelelahan ini biasanya dipicu oleh emosi negatif seperti marah, sedih dan frustrasi dalam waktu yang panjang dan intensitasnya tinggi. Ketika kamu mengangis misalnya, sampai mata bengkak, biasanya energimu dalam sehari tersebut akan habis karena luapan emosi tersebut. Solusi untuk lelah secara emosional ini adalah dengan mengurangi sumber stres itu sendiri dan mempraktikkan mainfulness.

4. Lelah secara mental

Kondisi ini ditandai dengan kurangnya konsentrasi dan mudah lupa atau susah untuk fokus di kegiatan hari-harimu. Mental yang lelah ini biasanya dapat menurunkan performa dalam beraktivitas. Satu hal penting, lelah mental ini akan memicu kelelahan-kelelahan yang lain, lelah fisik, lelah emosional hingga puncaknya nanti kamu akan “Burnout”.

5. Burnout

Burnout adalah gabungan dari keempat kelelahan tadi yang terjadi secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Gejala dari burnout ini adalah hidup yang terasa hampa, merasa bingung, tidak menikmati hidup hingga performa yang kurang.

Yuk kenali dirimu, agar dapat megatasi kelelahan yang kamu alami.

Teruslah bergerak, hingga kelelahan lelah mengikutimu.
Teruslah berjalan, hingga kebosanan itu bosan mengejarmu.
Teruslah berjalan, hingga keletihan itu letih bersamamu.
Teruslah bertahan, hingga kefuturan itu futur menyertainmu.
Teruslah berjaga, hingga kelesuan itu lesu menemanimu.

*Penulis adalah member Pondok Inspirasi.

  • Bagikan