Tips  

5 Tips Mudah Cegah Bau Badan agar Makin Percaya Diri!

Cegah bau badan. (Foto: Freepik/Tugu Jatim)
Ilustrasi bau badan yang tak sedap. (Foto: Freepik)

Tugujatim.id – Baru-baru ini viral surat dari para dosen di Aceh yang mengeluhkan bau badan dari mahasiswanya. Wah, rupanya bau badan juga bisa jadi masalah yang serius ya bila dibiarkan? Selain mengganggu orang lain, badan yang bau dapat menurunkan kepercayaan diri kamu. Tapi tak perlu cemas, berikut Tugu Jatim bagikan 5 tips cegah bau badan yang bisa dicoba!

1. Mandi setelah beraktifitas

Dilansir dari WebMD, body odor muncul karena keringat bertemu dengan bakteri yang ada di permukaan kulit. Karena itu, penting untuk mandi setelah selesai beraktivitas. Gosok permukaan kulit dan mandi menggunakan sabun anti bakteri. Ingatlah untuk mandi setiap hari untuk cegah bau badan.

2. Pakai Pakaian Bersih

Cucilah bajumu yang sudah kotor dengan deterjen. Pastikan untuk selalu mengenakan pakaian dan pakaian dalam yang bersih. Pilih pakaian yang nyaman dan breathable seperti baju berbahan satin, wol, dan katun. Untuk berolahraga, kenakan pakaian dengan kain yang menyerap kelembaban seperti poliester atau nilon.

3. Pakai Antiperspirant

Jika Anda menggunakan antiperspiran setelah mandi di pagi hari, keringatmu akan menghilangkan produk sehingga kulit tidak mampu melawan keringat di siang hari. Ingat, deodoran tidak mencegah keringat. Deodoran memiliki fungsi utama untuk menutupi bau keringat di kulit. Antiperspirant adalah bahan kimia yang berfungsi untuk mengurangi keringat. Jadi, kenakan antiperspirant sebelum tidur.

4. Bercukur atau Hilangkan Bulu

Jaga agar bulu tubuh seperti pada bagian ketiak tetap rapi sehingga keringat cepat menguap dan tidak memiliki banyak waktu untuk berinteraksi dengan bakteri. Rambut adalah tempat berkembang biaknya bakteri. Jadi cukur atau hilangkan bulu agar tidak tumbuh dan menghalangi evaporasi keringat.

5. Perhatikan Makanan

Makanan yang kamu konsumsi juga berpengaruh terhadap bau badan kamu, lho. Dikutip dari Cleveland Clinic, jika kamu makan makanan yang kaya sulfur, bisa mengembangkan bau badan yang tidak sedap. Contoh makanan kaya sulfur adalah bawang bombay dan bawang putih, kubis, brokoli, kembang kol, dan daging merah.

Selain itu, ada juga bahan makan umum lainnya yang bisa memicu bau badan tak sedap. Mereka adalah monosodium glutamat (MSG), kafein, rempah-rempah seperti kari atau jintan, makanan pedas, dan alkohol. Mengurangi pemicu ini dapat membantu memperbaiki cegah bau badan.