5 Warisan Budaya Leluhur Indonesia yang Diakui Dunia

5 Warisan Budaya Leluhur Indonesia yang Diakui Dunia

  • Bagikan
Ilustrasi Indonesia memiliki banyak warisan budaya dari para leluhur.
Ilustrasi Indonesia memiliki banyak warisan budaya dari para leluhur. (Foto: Pinterest)

Oleh: Bernadeta Pahu, Mahasiswa Unitri Malang

Tugujatim.idBudaya adalah identitas suatu bangsa yang menggambarkan ciri khas dan karakter masyarakatanya. Indonesia tak hanya dikenal dengan negara maritim, namun juga kaya akan budaya dan tadisi. Berbagai suku bangsa di dalamnya melahirkan adat dan tradisi yang khas dan unik.

Barikut kami bahas 5 warisan budaya para leluhur yang hingga hari ini masih kita rawat dengan baik. Budaya-budaya ini sekaligus menjadi kekayaan yang tak ternilai bagi keragaman nusantara dan telah diakui oleh dunia.

1. Tari Saman

Tarian Saman berasal dari Aceh. Tarian ini menampilkan gerak tepuk tangan dan pundak serta gerakan lainnya yang diperagakan oleh banyak orang. Tari ini telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 24 November 2011.

2. Wayang

Wayang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia pada tahun 2003. Wayang memiliki berbagai macam jenis di antaranya wayang Parwa, wayang Betawi, Palembang, Cirebon, dst. Dikutip dari Torto.id, pada awalnya wayang digunakan sebagai media informasi untuk menyampaikan pelajaran tertentu, salah satunya informasi agama. Wajar jika dulu wayang digunakan untuk media dakwah agama.

3. Keris

UNESCO menyatakan Keris sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 25 November 2005. Senjata tradisional Indonesia ini diyakini mengandung kekuatan supranatural. Wajar jika raja-raja di nusantara menjadikan keris sebagai senjata pusaka yang bahkan diberikan secara turun temurun.

Keris telah digunakan sejak abad ke-9. Dibuat dari logam, gagangnya dari tulang, tanduk atau kayu. Konon keris kuno bahkan logamnya berasal dari meteor yang jatuh ke bumi.

Para peneliti menyebut keris kuno mengandung unsur logam titanium, yaitu suatu bahan yang baru pada abad 20 digunakan sebagai bahan pelapis kendaraan angkasa luar, tapi ternyata para empu pembuat keris telah menemukannya terlebih dahulu sebagai bahan pembuat keris.

4. Angklung

Angklung dikenal sebagai alat musik khas Jawa Barat yang telah secara resmi UNESCO sebagai warisan budaya. Angklung dibuat dari bahan dasar bambu. Cara memainkannya dengan cara digetarkan, sehingga menghasilkan bunyi.

Pada awalnya, angklung ini diciptakan untuk memikat sang Dewi Sri supaya turun ke Bumi. Upaya ini untuk membuat padi tumbuh dengan subur.

Dilansir dari kiostix.com, seiring berjalannya waktu, angklung disinyalir membawa energi positif pada zaman peperangan di tanah air.  Pasukan menjadi lebih semangat ketika bertempur jika ada bunyi angklung. Itu sebabnya, pemerintah Hindia Belanda pernah melarang penggunaan angklung di Indonesia.

5. Batik

Batik merupakan kekayaan nusantara yang telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia pada 2 Oktober 2009. Indonesia memiliki begitu banyak motif batik yang sangat indah dan biasanya merepresentasikan daerah asal batik tersebut.

Dulunya batik dianggap jenis motif yang tradisional dan hanya dipakai oleh orang-orang tua. Tetapi seiring berkembangnya zaman dan kreativitas manusia Indonesia, batik kini sudah masuk ke semua lini dan usia. Bahkan tak sedikit anak-anak muda yang mendesain batik menjadi pakaian yang begitu trandi dan kontemporer.


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

  • Bagikan