6 Cara Mendinginkan Rumah Saat Cuaca Panas meski Tanpa AC - Tugujatim.id

6 Cara Mendinginkan Rumah Saat Cuaca Panas meski Tanpa AC

  • Bagikan
Ilustrasi rumah yang sejuk meski udara di luar panas. (Foto: Pexels) tugu jatim 6 Cara Mendinginkan Rumah Saat Cuaca Panas meski Tanpa AC
Ilustrasi rumah yang sejuk meski udara di luar panas. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Apakah belakangan ini rumah Anda terasa panas dari biasanya? Ada berbagai macam alasan yang menyebabkan rumah terasa panas. Termasuk cuaca panas di beberapa wilayah di Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan.

Anda bisa mengatasinya dengan berbagai cara, salah satunya seperti memasang pendingin ruangan, seperti AC. Namun jika tidak mau mengeluarkan biaya lebih, Anda bisa menggunakan solusi sederhana ini untuk menghindari hawa panas masuk ke dalam rumah.

1. Fungsikan Kipas Angin Seperti AC

Ketika menggunakan kipas angin disaat cuaca panas, biasanya membuat hawa di dalam rumah masih terasa panas, Anda bisa menggunakan es batu untuk mendinginkan ruangan. Caranya, tempatnya es batu di dalam mangkuk, kemudian letakkan di depan kipas angin yang ada diruanganmu.

Udara dingin yang keluar dari es batu tersebut akan menyebar ke seluruh ruangan seperti menggunakan AC. Mungkin salah satu cara ini terlihat unik, namun tidak ada salahnya untuk mencoba.

2. Kurangi Penggunaan Listrik

Selain menghasilkan cahaya, lampu juga menghasilkan panas. Tak terkecuali TV, PC, dll. Jika tidak digunakan, sebaiknya matikan alat-alat elektronik untuk mengurangi udara panas di ruangan.

3. Gunakan Tanaman Hias

Selain sebagai hiasan, meletakkan tanaman hidup di dalam ruangan juga bisa menurunkan suhu panas. Beberapa tanaman hias ini mampu membersihkan udara dan menghasilkan oksigen di dalam rumah. Banyak oksigen, berarti udara akan lebih sejuk. Beberapa tanaman tersebut seperti Aglonema, Palem Mini, Lidah Mertua, dan masih banyak lagi.

4. Gunakan Cat Warna Cerah Pada Rumah

Hindari mengguanakan warna gelap pada cat dinding ruangan. Warna gelap akan membuat panas menyerap lebih cepat pada ruangan dibandingkan dengan warna terang, karena sifatnya yang akan memantulkan panas.

5. Pebanyak Tanaman di Sekitar Rumah

Jika Anda memiliki pekarangan cukup luas tanamlah beberapa pohon di pekarangan. Pohon yang besar dapat menghalangi sinar matahari langsung ke dalam rumah. Namun, jika tak memiliki lahan cukup untuk menanam pohon besar Anda bisa menamam pohon-pohon kecil dengan pot.

Anda bisa menggunakan rak pot bertingkat untuk meletakkan pot-pot tersebut sehingga cukup tinggi untuk menghalangi matahari. Semakin banyak tanaman hijau di rumah juga akan membantu menyejukkan udara panas.

6. Buatlah Kolam Air

Air bisa berfungsi sebagai pendingin ruangan. Elemen air yang melambangkan ketenangan, akan memberikan nuansa dan rasa sejuk pada rumah. Kamu bisa membuat kolam air kecil di pekarangan rumahmu berupa kolam ikan jika lahan yang digunakan tak cukup luas.

Penulis: Mila ArindaEditor: Gigih Mazda
  • Bagikan