News  

6 Juta Wisatawan Serbu Kota Malang hingga Lampaui Target, Jadi Destinasi Wisata Favorit Orang Belanda

Wisatawan. (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang)
Ilustrasi kunjungan wisatawan di Kota Malang. (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Kasus Covid melandai, angka kunjungan wisatawan di Kota Malang melampaui target. Hal itu disampaikan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang yang mendata ada 6 juta lebih wisatawan berkunjung ke Kota Malang hingga Agustus 2022. Capaian ini dinilai melampaui target pada 2022, yakni sebesar 1,9 juta orang.

“Target wisatawan kami tahun ini secara keseluruhan 1,9 juta orang. Tapi, sekarang sudah mencapai 6 juta lebih wisatawan yang menyerbu Kota Malang,” kata Plt Kepala Disporapar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni pada Kamis (18/08/2022).

Dia mengatakan, sepanjang tahun ini hanya ada sekitar 300 wisatawan asing yang tercatat berwisata di Kota Malang. Namun, dia menilai angka itu sudah cukup positif dibanding tahun sebelumnya di masa pandemi. Menurut dia, wisatawan asing itu mayoritas berasal dari negara Belanda. Mereka tercatat mulai berdatangan ke Kota Malang sejak Juli-Agustus 2022.

Wisatawan. (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang)
Wisatawan yang tengah berkunjung ke Kota Malang. (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang)

“Wisatawan mancanegara mulai berdatangan sejak Juli-Agustus 2022,” ujarnya.

Ida menjabarkan, musim liburan di Belanda pada Oktober 2022 nanti diprediksi bakal menjadi potensi Kota Malang untuk dikunjungi lebih banyak wisatawan asing. Dia menyebut, banyak wisatawan asal Belanda yang telah berencana berwisata ke Kota Malang.

“Di Oktober nanti di sana (Belanda) akan ada musim libur. Mereka sudah berencana mengunjungi negara-negara sejak satu tahun sebelumnya. Kebetulan di sini menjadi salah satu tujuan favoritnya,” ucapnya.

Tentu wisatawan mancanegara itu nantinya bisa menambah angka kunjungan wisatawan di Kota Malang. Untuk itu, Ida mengatakan, melejitnya kunjungan wisatawan tahun ini akan menjadi patokan target kunjungan tahun depan.

“Jadi di tahun depan, kami punya target 6,5 juta wisatawan bisa dilampaui,” ujarnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim