6 Kegiatan yang Bisa Perluas Wawasan Selain Membaca

  • Bagikan
Ilustrasi membaca, salah satu kegiatan yang baik untuk menambah wawasan dan pengetahuan seseorang. (Foto: Unsplash)
Ilustrasi membaca, salah satu kegiatan yang baik untuk menambah wawasan dan pengetahuan seseorang. (Foto: Unsplash)

Tugujatim.id – Membaca ibarat sebagai jendela dunia. Banyaknya pengetahuan dan ilmu dalam buku membuat kita mengetahui banyak hal. Memiliki wawasan luas akan sangat bermanfaat dalam kehidupan kita seperti lebih mudah menyelesaikan suatu masalah dan hidup lebih terarah karena kita akan lebih mengerti mana yang benar dan yang salah.

Namun, tahukah kalian ada cara lain untuk menambah wawasan selain membaca? Beberapa kegiatan tersebut juga dapat dilakukan di manapun. Apa sajakah itu? Simak 6 hal di bawah ini.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

1. Menonton Video Edukasi

Anda dapat mencari video edukasi di YouTube atau platform internet lain. Dengan menonton video, kita tidak hanya dapat mendapatkan ilmu dengan membaca tulisan namun juga penggambaran visual menarik yang lebih jelas sehingga tidak membosankan. Contohnya saja seperti channel TED-Ed. Channel yang telah mendapatkan 13 juta subscribers ini menampilkan informasi dalam bentuk animasi sehingga lebih menarik dan mudah dipahami.

2. Bermain Game

Saat ini, bermacam macam game dapat kita cari salah satunya adalah game edukasi. Menyenangkan bukan bermain game sekaligus menambah wawasan? Anda dapat mencoba game seperti kuis atau teka-teki.

3. Mengikuti Organisasi atau Kelompok Diskusi

Berdiskusi dapat meningkatkan pengetahuan secara tidak langsung. Karena tiap anggota akan saling berbagi informasi sehingga pengetahuan, informasi, maupun ilmu yang didapat semakin besar. Selain itu, kita dapat melatih kepercayaan diri dengan berpendapat.
Anda dapat mengikuti kelompok diskusi offline dengan tatap muka langsung atau online melalui grup chat di sosial media.

4. Tulis dan Rangkum Informasi yang Didapat

Setelah mendapat informasi atau pengetahuan baru jangan lupa mencatatnya. Menulis dapat memperkuat daya ingat. Selain itu, catatan yang ditulis dapat disimpan dan Anda baca kapanpun. Coba rangkum informasi yang didapat dengan tidak melihat sumber informasi aslinya. Dengan begitu, Anda akan mereview ingatan dan pengetahuan yang didapat tidak akan mudah terlupakan.

5. Selalu Ingin Tahu

Salah satu cara menambah wawasan adalah dengan bersikap ‘kepo’. Semakin sering kita ingin tahu, semakin banyak pengetahuan yang didapat. Mulai dari hal sederhana seperti bagaimana kita bisa bernapas dan bagaimana cara tubuh bekerja.

6. Coba Hal Baru

Mencoba hal baru juga dapat memperluas wawasan Anda. Dengan selalu ingin tahu, Anda dapat akan lebih mudah tertarik pada sesuatu. Saat tertarik pada sesuatu, kita akan mencari-cari tentangnya lebih banyak. Sehingga semakin banyak pula ilmu yang kita dapat. Anda juga bisa mengikuti kelompok hobi jika Anda sedang tertarik pada suatu hobi. Bertemu dengan orang berhobi sama tentu menyenangkan, kita bisa bersenang-senang sekaligus belajar lebih banyak.

Itu dia 6 cara untuk perluas wawasanmu. Mudah, bukan? Memiliki wawasan yang luas dapat mengubah pola pikir Anda serta bagaimana cara yang baik dalam bersikap. Yuk, coba! (Muthiya Mabila/gg)

  • Bagikan