6 Manfaat dan Keunikan Olahraga Stand Up Paddle Board

6 Manfaat dan Keunikan Olahraga Stand Up Paddle Board

  • Bagikan
Ilustrasi olahraga Stand Up Paddleboard.
Ilustrasi olahraga Stand Up Paddleboard. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Belakangan ini, pemerintah Kabupaten Pacitan membuka destinasi wisata baru. Melansir dari Pacitanku.com, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, mengembangkan olahraga air paddle board dengan menggandeng pihak swasta Explore Pacitan.

Olahraga ini mengajak pengunjung menikmati keindahan alam dengan menyusuri Sungai Kitri sepanjang kurang lebih 3 kilometer yang bermuara di Pantai Soge.

Dilansir dari paddleboardthrills.com, paddle ialah olahraga air yang dapat dilakukan dengan berdiri, duduk, berbaring, maupun berlutut di papan dayung atau papan selancar untuk berenang dan bergerak ke depan menyusuri perairan.

Olahraga ini dapat dilakukan di laut, sungai, danau, hingga kolam renang. Menurut laman belajar surfing, paddling sendiri merupakan salah satu teknik mendasar untuk melakukan selancar yang mudah dilakukan.

Salah satu jenis olahraga paddle board ialah Stand Up Paddleboard (SUP). Sesuai dengan namanya, olahraga ini dilakukan dengan berdiri di atas papan selancar sambil mendayung. Melansir dari Ayo Indonesia, Stand Up Paddleboard merupakan gabungan dari surfing (berselancar) dan canoeing (mendayung) menggunakan single blade paddle.

Olahraga ini termasuk dalam kategori petualangan atau aktivitas wisata yang dapat dilakukan di pantai, laut, dan danau. Yang tak kalah menarik, olahraga ini merupakan kegemaran salah satu tokoh publik Indonesia, Susi Pudjiastuti, mantan menteri kelautan dan perikanan.

Masih dari sumber yang sama, kepopuleran SUP tidak lepas dari peran komunitas Stand UP Paddle Indonesia yang disingkat SUP ID. Komunitas ini didirikan oleh Heriyanto. Pria kelahiran Jakarta, 25 Desember 1975 ini terinpirasi dari SUP yang dilakukan peselancar manca negara dengan papan surfing dan dayung.

Hal ini dia alami saat mengunjungi pelabuhan ratu pada awal pertengahan 2015 lalu. Karena merasa penasaran, akhirnya dia mengajak teman-temannya untuk belajar kepada surfer asing. Akhirnya, pada 21 November 2015, SUP ID berdiri dan kini sudah memiliki ratusan anggota aktif.

Tak hanya menantang dan menarik untuk dicoba, SUP ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Melansir dari femina.co.id, manfaat SUP di antaranya:

1. Melatih keseimbangan dan fleksibilitas

Berdiri tegak sambil mendayung di atas papan dapat melatih keseimbangan dan fleksibilitas tubuh. Olahraga ini dapat melatih kekuatan kaki untuk menjaga keseimbangan tubuh ketika mendayung mengikuti arus perairan. Jika tidak seimbang, maka bisa terjatuh.

2. Melatih otot tubuh dan menyehatkan jantung serta paru-paru

Olahraga ini dapat menggerakan otot lengan, bahu, punggung atas untuk mengayuh, betis, paha, pantat, otot-otot perut, dan punggung. Gerakan otot-otot besar tubuh ini dapat melatih otot jantung dan proses pernapasan. Sehingga mendayung dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke.

3. Menurunkan berat badan

Selain melatih kekuatan otot tubuh dan jantung, gerakan tubuh saat berolahraga SUP dapat membakar kalori. Tak heran, olahraga ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan Anda saat ingin menurunkan berat badan. Asalkan Anda rutin berlatih dan mengatur pola makan secara konsisten.

4. Memenuhi kebutuhan vitamin D dan menghilangkan stres

SUP yang dilakukan di pagi hari dapat memenuhi kebutuhan vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang. Selain itu, olahraga yang lebih dominan sebagai rekreasi ini dapat menyegarkan pikiran. Terlebih jika dilakukan di pantai atau sungai dengan pemandangan yang indah, tentunya akan menghilangkan stres.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Melansir dari Kompas, SUP dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Karena olahraga ini meningkatkan kekuatan otot dan keseimbangan tubuh. Selain itu, karena memiliki risiko cedera yang rendah, SUP bagus untuk rehabilitasi. Sebab, dapat meningkatkan kekuatan tubuh tanpa melukai dan khawatir cedera bertambah.

6. Sarana berpetualang untuk berhubungan dengan alam

Berada di atas air adalah hal menenangkan dan secara tidak langsung kita berinteraksi dengan alam yang dapat memberi efek positif untuk kesehatan mental manusia.

Nah, itulah beberapa manfaat Stand Up Paddleboard. Selamat mencoba.

  • Bagikan