Tips  

6 Tips Hindari Bau Apek saat Mencuci Baju di Musim Hujan

Ilustrasi mengeringkan baju setelah mencuci pakaian. (Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi mengeringkan baju setelah mencuci pakaian. (Pexels)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Saat musim hujan datang, sering kali baju bau apek saat tak kering. Lantaran ketika musim hujan, panas matahari berkurang sehingga saat mencuci baju tidak bisa kering secara sempurna.

Pakaian yang lembap dan tak kunjung kering ini membuat bakteri tumbuh dan mengakibatkan bau apek pada baju. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan beberapa hal untuk menghindari bau apek pada baju saat musim hujan.

1. Gunakan Pewangi Pakaian

Pewangi pakaian bisa membantu menjaga kesegaran baju. Selain itu, pewangi juga bisa membuat baju Anda menjadi wangi tahan lama dan mencegah bau apek. Selain itu, biasanya pewangi juga dilengkapi dengan bahan pelembut sehingga baju Anda menjadi lebih lembut saat dikenakan.

2. Gunakan Pengering pada Mesin Cuci

Pada beberapa merek mesin cuci, ada yang dilengkapi pengering lengkap dengan pemanas. Menggunakan pengering yang terdapat pada mesin cuci dapat membantu memeras air pada baju hingga kadar minimal. Bila curah hujan sedang tinggi-tingginya, gunakan setting pengering dengan putaran yang cukup lama. Jika Anda memiliki jenis seperti ini, tidak perlu khawatir lagi dengan bau apek.

3. Gantung Memakai Hanger

Gunakan hanger untuk menjemur baju. Jangan lupa renggangkan setiap baju agar sama-sama mendapat angin yang merata sehingga bisa terhindar dari bau apek karena lembap.

4. Jemur Baju di Dekat Lampu

Menjemur baju di dekat lampu bisa memancarkan panas. Cara ini bisa membantu baju Anda jadi lebih cepat kering.

5. Manfaatkan Kipas Angin untuk Mengeringkan Baju

Ketika musim hujan tiba, terpaksa harus menjemur pakaian di dalam ruangan. Hal tersebut akan menjadikan baju menjadi lembap. Untuk menghindari bau yang tidak sedap, Anda bisa memanfaatkan kipas angin untuk membantu mengeringkan baju.

6. Setrika Baju yang Sudah Dikeringkan dan Gantung

Cara lain agar baju tidak bau apek dan lebih cepat mengering yaitu dengan menyetrika. Tapi, perlu diperhatikan bahwa baju baru bisa disetrika saat kondisi sudah setengah kering. Hindari menyetrika saat pakaian masih dalam keadaan basah karena akan membahayakan.