7 Cara Ampuh Bikin Bahasa Inggris Anda Cas-Cis-Cus

7 Cara Ampuh Bikin Bahasa Inggris Anda Cas-Cis-Cus

  • Bagikan
Ilustrasi berkomunikasi dengan bahasa Inggris/tugu jatim
Ilustrasi berkomunikasi dengan bahasa Inggris. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.idPandemi yang tidak kunjung usai jangan sampai bikin hari-hari Anda membosankan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan selama di rumah. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda.

Saat ini, kemampuan berbahasa Inggris telah menjadi kebutuhan sejumlah bidang ilmu, pekerjaan, dan profesi. Lantas bagaimana cara meningkatkan bahasa Inggris, agar saat Anda bicara cas-cis-cus? Simak beberapa tips ampuh berikut ini.

1. Ganti Bahasa Gawai Anda

Bahasa erat dengan kebiasaan. Dalam belajar suatu bahasa, Anda perlu melibatkan bahasa tersebut dalam keseharian. Mengganti pengaturan bahasa pada gawai menjadi bahasa Inggris merupakan langkah pertama untuk membiasakan diri dengan kosakata berbahasa Inggris. Hal ini dapat meningkatkan ingatan Anda tentang kosakata yang sering muncul di ponsel.

2. Memainkan Permainan Berbahasa Inggris

Ada beragam permainan yang menggunakan bahasa Inggris. Ini adalah cara yang seru untuk belajar bahasa Inggris sambil bermain. Pilihlah permainan yang banyak menggunakan narasi berbahasa Inggris, seperti PUBGM, Mobile Legends, Free Fire, dan sebagainya.

Selain itu, permainan tersebut dimainkan oleh pengguna dari berbagai negara. Artinya, Anda bisa berkomunikasi dengan mereka menggunakan bahasa Inggris.

3. Tonton Film Berbahasa Inggris

Menonton film atau serial berbahasa Inggris merupakan media yang tepat untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris khususnya listening. Mungkin awalnya, Anda akan memerlukan subtitle untuk memahami percakapan dalam film tersebut.

Namun bisa menggunakan subtitle bahasa Inggris. Hal tersebut bertujuan untuk menambah kosakata dan mengetahui pelafalan yang tepat pada kosakata bahasa Inggris itu. Secara perlahan, Anda akan dapat menikmati film atau serial tanpa subtitle sama sekali.

4. Dengarkan Musik atau Podcast Berbahasa Inggris

Anda juga dapat mendengarkan musik dalam bahasa Inggris sesuai dengan selera Anda. Untuk memahaminya, usahakan membaca liriknya sembari bersenandung. Hal tersebut akan membantu untuk menangkap arti dan pelafalannya dengan baik.

Cara ini sama dengan mendengarkan podcast. Sekarang ada banyak kreator podcast dari negara lain yang menggunakan bahasa Inggris. Biasakan telinga Anda mendengar podcast tersebut. Awalnya, mungkin tidak memahami maksud pembicara di podcast. Namun perlahan, seiring banyaknya kosakata yang diketahui, Anda akan memahami isi dan maksudnya.

5. Membaca Tulisan Berbahasa Inggris

Membaca merupakan kegiatan yang dapat menunjang proses pembelajaran bahasa menjadi lebih cepat. Dengan membaca membuat pikiran terbiasa mengartikan sebuah kalimat, frasa, idiom, dan sebagainya.

Selain itu, dengan membaca sekaligus mempelajari lebih dalam grammar, tenses, dan struktur kalimat. Mulailah dengan membaca artikel pendek, komik, cuitan artis Hollywood, dst. Lebih lanjut, Anda dapat membaca berita berbahasa Inggris, novel, puisi, dan sebagainya.

6. Menulis Dalam Bahasa Inggris

Selain kemampuan mendengar dan membaca, menulis merupakan salah satu skill penting dalam bahasa Inggris. Dengan menulis, Anda akan lebih cepat menghafalkan kosakata yang pernah Anda baca sebelumnya.

Praktik terbaik untuk menghafalkan grammar adalah dengan menulis. Pada tahap pertama, Anda bisa memulainya dengan menulis setiap kata atau kalimat yang penting beserta dengan contohnya. Lalu membiasakan diri dengan menuliskan komentar di sosial media menggunakan bahasa Inggris. Atau menulis sesuatu di blog pribadi Anda.

7. Mencoba Voice Chat

Beberapa orang sulit untuk memulai pembicaraan menggunakan bahasa Inggris karena tidak terbiasa. Maka, penting untuk mempraktikkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui kemajuan teknologi saat ini, Anda dapat menggunakan media lain untuk berbicara dengan bahasa Inggris. Jika tidak ada teman untuk berlatih bahasa Inggris, Anda dapat memanfaatkan voice chat di mana pun dan kapan pun.

Penulis: Septia EndrianaEditor: Herlianto. A
  • Bagikan