7 Manfaat Es Krim Untuk Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

7 Manfaat Es Krim Untuk Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

  • Bagikan
Es krim memiliki cukup banyak manfaat bagi tubuh
Es krim memiliki cukup banyak manfaat bagi tubuh. (Foto: Instagram @mnicecream)

Tugujatim.id – Siapa yang tidak kenal es krim? Kayaknya, sebagian besar orang pernah mencicipi makanan beku ini. Rasanya yang manis serta sensasi dinginnya begitu berkesan kala dinikmati sambil bersantai.

Es krim tidak hanya memiliki variasi dan rasa yang beragam, tetapi juga makanan berbahan susu itu memiliki sejumlah manfaat, yang mungkin saja Anda belum tahu, lho. Penasaran? Yuk simak penjelasan 7 manfaat es krim di bawah ini.

1. Menurunkan Berat Badan

Es krim rupanya dapat menurunkan berat badan. Fakta ini dilansir dari Littethings.com, bahwa wanita yang mengkonsumsi satu sekop es krim dan pria satu setengah sekop es krim yang rendah lemak, maka per hari akan kehilangan 26 persen berat badannya.

Penurunan berat badan ini karena kalsium yang ada dalam makanan beku itu. Makanan kaya kalsium dapat menjaga metabolisme tubuh dengan baik. Selain itu, konsumsi produk susu rendah lemak seperti es krim dapat membuat Anda makan lebih banyak kalori tanpa menambah jumlah angka pada berat badan Anda.

2. Mengandung Vitamin dan Mineral

Selain sensasinya yang menyegarkan, Anda tidak perlu khawatir sebab es krim terbuat dari susu dan krim yang mengandung kalsium, vitamin D, riboflavin, vitamin A, dan fosfor.

Rasanya yang beragam juga turut memberikan nutrisi khusus, misalnya, vanila memberikan antioksidan, kalsium, mangan, magnesium, seng, dan zat besi. Dark chocolate dikenal kaya antioksidan dan flavonoid yang baik untuk jantung, asam oleat untuk penurunan kolesterol, serta fitokimia untuk melawan radikal bebas.

3. Merangsang Otak

Dalam studi yang dilakukan di sebuah universitas di Tokyo, Jepang, menjadikan es krim sebagai sarapan pagi dapat memberikan dorongan pada otak. Peneliti di universitas ini mengungkapkan tentang perbandingan orang yang makan es krim dengan orang yang minum air dingin di pagi hari. Hasilnya, orang yang mengkonsumsi es krim jauh lebih waspada timbang hanya air putih.

Sebenarnya, mungkin bukan hanya es krim yang menyebabkan semua itu, karena memakan apapun yang mengandung vitamin dan mineral juga memiliki efek yang serupa. Salah satu ahli diet mengatakan, konsumsi es krim juga dapat meningkatkan hormon dopamin yang membuat kita lebih waspada dan terjaga.

4. Memberikan Energi

Rasa manis pada es krim tentu membuat kita tahu bahwa ia berkomposisi gula yang mengandung glukosa. Glukosa adalah sumber energi utama kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

5. Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium pada es krim sangat penting bagi tulang kita. Kalsium dapat membantu menguatkan tulang dan gigi. Ada fakta yang menunjukkan bahwa 99 persen tulang dan gigi terbuat dari kalsium, sementara itu tubuh kita tidak bisa memproduksi kalsium sendiri. Sebab itu, kita harus mengonsumsi kalsium melalui makanan, suplemen, dan sesekali es krim.

6. Meningkatkan Imun

Kandungan susu pada es krim telah difermentasi. Makanan fermentasi terbukti dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pencernaan dan pernapasan. Dengan menguatnya usus dan pernapasan, imun Anda akan ikut meningkat dan tidak mudah terserang penyakit.

7. Membuat Diri Merasa Lebih Baik

Bukan rahasia lagi bila es krim dapat membuat perasaan lebih baik. Ia dapat membantu memproduksi hormon serotonin yang mempengaruhi suasana hati. Beberapa ahli medis merekomendasikan bagi penyandang Seasonal Affective Disorders (Gangguan Depresi Musiman) untuk menyimpan es krim sebagai penyegar.

Nah, itulah tujuh manfaat es krim bagi tubuh. Meskipun es krim memiliki banyak manfaat dan ternyata menyehatkan, tetapi bila dikonsumsi secara berlebihan akan memberi dampak negatif.

Pada prinsipnya, segala sesuatu yang berlebihan kurang baik. Mengkonsumsi es krim secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan brain fogginess. Jadi jangan lupa diimbangi dengan makan makanan yang sehat juga, ya!

  • Bagikan