7 Manfaat Kasih Sayang Orang Tua dalam Membentuk Kepribadian Anak - Tugujatim.id

7 Manfaat Kasih Sayang Orang Tua dalam Membentuk Kepribadian Anak

  • Bagikan
Ilustrasi kasih sayang orang tua yang nantinya juga bisa membentuk karakter dan kepribadian seorang anak. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi kasih sayang orang tua yang nantinya juga bisa membentuk karakter dan kepribadian seorang anak. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Kasih sayang merupakan salah satu cara yang sangat spesial dalam menyelaraskan komunikasi antara satu orang dengan orang lainnya, Dari zaman ke zaman, perbincangan mengenai kasih sayang tak akan ada habisnya. Kasih sayang adalah sesuatu yang dianugerahkan Sang Pencipta kepada manusia, sehingga kasih sayang sudah tertanam di dalam diri masing-masing individu sejak ia lahir.

Seperti halnya kasih sayang orang tua terhadap anak. Wujud cintah kasih ini, bisa dicurahkan dengan cara sederhana. Salah satunya adalah meluangkan waktu lebih lama bersama anak. Dengan demikian, anak akan merasa bahagia dan aman sehingga berimbas positif pada banyak aspek dalam kehidupannya.

Orang tua menjadi sosok yang sangat berperan penting dalam memenuhi hak tersebut. Ibu diharapkan mampu memberikan kasih sayang yang bersifat memberi kehangatan, menumbuhkan rasa diterima dan menanamkan rasa aman. Sedangkan kasih sayang ayah berguna untuk mengembangkan kepribadian, menanamkan disiplin, memberikan arah dan dorongan agar anak berani dalam menghadapi kehidupan.

Berikut ini manfaat kasih sayang orang tua di dalam tumbuh kembang anak yang perlu anda ketahui:

1. Meningkatkan kinerja otak

Studi penelitian mengungkap, kasih sayang orang tua mampu meningkatkan kinerja otak anak menjadi lebih pintar. Dengan begitu, tidak bisa dipungkiri jika anak yang lebih dekat dengan orang tua biasanya terlahir lebih pintar.

2. Membangun kemandirian

Mengekspresikan kasih sayang pada anak bukan berarti dengan cara memanjakan dan menuruti semua keinginannya. Sebaliknya, kasih sayang orang tua bisa ditunjukkan dengan melatih kemandirian anak sejak dini. Biarkan ia untuk mencoba melakukan berbagai aktivitas sendiri, seperti memakai pakaian, makan, mandi, dan sebagainya. Dari sini ia akan belajar mandiri sekaligus meningkatkan keterampilannya.

3. Lebih sehat pada saat ber usia emas

Banyak para peneliti mengungkap jika kasih sayang dari orang tua, juga mampu meningkatkan kesehatan mulai masih kecil hingga dia beranjak dewasa nantinya. Kasih sayang dari orang tua akan memicu saraf motorik anak, sehingga membuat anak lebih semangat untuk bergerak. Dengan seringnya bergerak, membuat kinerja otot dan tulang terbentuk lebih kuat.

4. Anak akan memberikan timbal balik positif kepada orang tua

Kasih sayang orang tua yang baik pasti akan membuat anak akan memberikan feedback positif kepada orang tua. Cobalah untuk sesekali mengumpulkan semua anggota keluarga, untuk menghangatkan suasana. Kehangatan keluarga yang seperti ini harus selalu dipertahankan, karena kebiasaan ini juga dapat melatih anak agar lebih sayang dengan anggota keluarga.

5. Memberikan kenyamanan, keamanan, dan rasa bahagia

Kasih sayang orang tua dapat membuat anak merasa aman, nyaman, dan bahagia. Hal ini karena anak merasa dicintai oleh Ibu dan Ayah, sehingga akan menjadikan ia tidak mudah takut, tidak suka menyakiti orang lain, lebih sering tersenyum, dan tidak mudah marah.

6. Anak akan lebih terbuka dengan orang tua

Kebiasaan kasih sayang yang diterapkan oleh orang tua juga akan membuat anak lebih dekat dengan orang tua. Anak akan lebih terbuka dan akan menceritakan kejadian-kejadian yang selama ini mereka alami, mulai yang meyenangkan maupun tidak menyenangkan. Dengan begitu orang tua akan lebih mudah dalam memberikan nasehat yang positif terhadap anak.

7. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Orang tua bisa menunjukkan kasih sayang dengan cara membebaskan anak untuk berpetualang. Biarkan ia mempelajari banyak hal baru dengan pendampingan dan pengawasan dari Ibu. Kegiatan tersebut akan membantu meningkatkan kepercayaan diri anak supaya ia tumbuh menjadi anak yang mudah bergaul, percaya diri, dan tidak takut menghadapi tantangan dalam hidupnya.

(Moch Abdurrochim/gg)

  • Bagikan