News  

75 Anggota Paskibraka Kota Pasuruan Dikukuhkan, Gus Ipul: Pendidikan Karakter Jadi Modal Berkiprah

Paskibraka Kota Pasuruan. (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)
Prosesi pengukuhan Paskibraka Kota Pasuruan di Gedung Gradika Bhakti Praja, Senin (15/08/2022). (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)

PASURUAN, Tugujatim.id – Sebanyak 75 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Pasuruan resmi dikukuhkan. Pengukuhan Paskibraka Kota Pasuruan ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Saifullah Yusuf di aula Gedung Gradhika Bhakti Praja, Senin (15/08/2022).

Secara simbolis, Gus Ipul, sapaan akrabnya, mengikatkan tali kendit kepada dua perwakilan pelajar sebagai tanda peresmian tugas Paskibraka. Sebanyak 75 anggota Paskibraka Kota Pasuruan juga dengan lantang mengucapkan kalimat ikrar putera Indonesia.

“Setelah melalui proses rekrutmen terpilihlah beberapa calon didik sebagai Paskibaraka Kota Pasuruan. Insyaa Allah sudah siap melaksanakan upacara 17 Agustus 2022,” ujar Gus Ipul.

Sebelum diresmikan, seluruh anggota Paskibraka Kota Pasuruan telah melewati rangkaian latihan selama sekitar 3 minggu. Gus Ipul berharap pendidikan karakter yang didapat anggota Paskibraka selama latihan tidak lantas berhenti setelah prosesi upacara selesai. Tapi, bisa terus diterapkan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pendidikan karakter selama latihan seperti disiplin, kekompakan, gotong royong, kerja sama, menghargai teman, dan lain-lainnya, bisa jadi modal penting untuk berkiprah di mana pun,” ungkapnya.

Gus Ipul mengaku bangga karena tahun ini Kota Pasuruan kembali dipercaya untuk mengirimkan wakil putra daerah terbaiknya untuk jadi anggota Paskibraka di tingkat nasional. Putra daerah tersebut bernama Abimanyu Farrela Andhika Kusuma, seorang pelajar SMA 2 Kota Pasuruan.

“Tahun lalu kan perempuan, tahun ini wakilnya laki-laki, jadi kebanggaan buat kami ada yang mewakili lagi,” ujarnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim