75 Tahanan Polres Malang Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI - Tugujatim.id

75 Tahanan Polres Malang Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI

  • Bagikan
Tahanan Polres Malang mengikuti upacara detik detik proklamasi kemerdekaan RI, Selasa (17/8/2021) (Foto: Dokumen/Polres Malang) tugu jatim
Tahanan Polres Malang mengikuti upacara detik detik proklamasi kemerdekaan RI, Selasa (17/8/2021) (Foto: Dokumen/Polres Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Menjadi seorang tahanan tak dapat menyurutkan semangat nasionalisme dalam mengenang detik detik kemerdekaan RI. Dengan khidmat, para tahanan Polres Malang mengikuti upacara detik detik proklamasi kemerdekaan RI di Rumah Tahanan Mapolres Malang, Selasa (17/8/2021).

Berhiaskan pita merah putih yang dilingkarkan di kepala, sebanyak 75 tahanan tersebut mengikuti upacara dengan khidmat. Meski sederhana, nasionalisme para tahanan tampak muncul dari semangat dan atusiasnya.

Kasat Tahti Polres Malang, Iptu Budiono menjelaskan bahwa para tahanan memang memiliki hak untuk menunjukkan rasa nasionalismenya. Untuk itu, pihaknya memfasilitasi para tahanan tersebut untuk mengikuti upacara tersebut secara virtual.

“Kita memfasilitasi para tahanan ini untuk mengikuti upacara peringatan detik detik proklamasi secara virtual di dalam rumah tahanan. Tentunya ini dilaksanakan dengan prokes ketat,” ujarnya.

“Kita juga memberikan pita merah putih kepada 75 tahanan itu sebagai salah satu aksesoris yang digunakan para tahanan dalam upacara ini,” jelasnya.

Kegiatan itu ternyata diinisiasi sendiri oleh para tahanan Polres Malang.

“Ini inisiatif kita semua (tahanan) untuk ikut memperingati HUT RI ke-76 ini,” ungkap salah satu tahanan yang enggan disebut namanya.

Disebutkan, para tahanan sudah berkoordinasi dengan pihak penjaga rumah tahanan agar mendapat izin menggelar upacara detik detik proklamasi kemerdekaan RI ke-76.

“Kita sudah berkoordinasi dengan penjaga, agar diijinkan untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-76 secara virtual ini,” ucapnya.

Dia mengaku sangat senang bisa mengikuti upacara tersebut meski digelar dengan sederhana. Karena dengan kegiatan itu bisa memupuk rasa nasionalisme para tahanan.

“Saya mewakili para tahanan mengucapkan terimakasih kepada bapak bapak penjaga ruang tahanan. Karena sudah diberikan kesempatan dan fasilitas untuk mengikuti upacara HUT RI kali ini walau dengan sangat sederhana,” ujarnya.

  • Bagikan