8 Fakta INFJ, Kepribadian MBTI Paling Langka di Dunia

8 Fakta INFJ, Kepribadian MBTI Paling Langka di Dunia

  • Bagikan
INFJ memiliki hubungan yang mendalam dalam persahabatan./tugu jatim
Ilustrasi INFJ yang memiliki hubungan yang mendalam dalam persahabatan. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id INFJ  adalah kepribadian paling langka dari 15 tipe kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) lainnya. Dilansir dari Ball State University kepribadian INFJ hanya 1,5 persen dari keseluruhan populasi. Kepribadian yang langka ini memiliki fungsi introvert, intuition, feeling dan judging atau (INFJ).

Keempat fungsi itu membentuk sikap INFJ dalam kehidupan sehari-hari. Introvert artinya orang yang mengisi energi dengan cara menyendiri. Intuition artinya orang yang berfokus pada ide dan konsep. Feeling artinya orang yang memutuskan sesuatu menggunakan perasaan dan nilai-nilai. Dan, judging artinya orang yang lebih suka sesuatu yang teratur dan terencana.

Fungsi-fungsi itulah yang membuat INFJ menjadi sosok yang berbeda dari yang lain. Untuk mengenali kepribadian ini lebih lanjut, berikut dijabarkan 8 fakta INFJ kepribadian MBTI paling langka di dunia.

1. Memiliki Empati yang Tinggi

INFJ memiliki fungsi feeling ekstrovert yaitu kecerdasan emosi yang prosesnya dikemudikan di luar dirinya menuju ke dalam dirinya. Maka dari itu, INFJ memiliki empati yang tinggi terhadap orang lain. Meskipun kepribadian ini cenderung tertutup, kepribadian ini sangat mudah tersentuh, dan mampu menyerap emosi orang lain. Ia peduli dengan apa yang dialami orang lain, seperti apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain. Saking tinggi empatinya, ia bisa menangis ketika orang lain menangis.

2. Kreatif

Kepribadian ini sangat menyukai hal yang berkaitan dengan ide dan konsep. Mereka biasanya cenderung menyukai hal yang berbau seni karena dapat meningkatkan kreativitas mereka. Kepribadian ini cenderung suka mengayal dan berpikir tentang masa depan, sehingga banyak ide yang memenuhi ruang kepalanya.

3. Teratur

Sesuai dengan fungsi judging, kepribadian ini lebih menyukai sesuatu yang teratur yang sudah direncanakan. Ketika ingin melakukan kegiatan, membuat tugas, biasanya kepribadian ini akan membuat rencana atau lis kegiatan. Hal itu tentunya bagus karena segala sesuatunya sudah diplanning. Tetapi buruknya dari fungsi judging ini, INFJ akan kebingungan ketika sesuatu tidak sesuai dengan rencananya.

4. Idealis

Kepribadian ini berorientasi pada nilai-nilai yang dianut. Ia akan memegang teguh prinsip-prinsip yang diyakini. Oleh karena itu sangat susah untuk memengaruhinya karena ia keras kepala, dan juga tidak peduli jika orang menyerang apa yang dia yakini.

5. Mudah Lelah

Seperti kepribadian introvert lainnya, kepribadian ini juga mengisi energi dengan menghabiskan waktu sendiri. Ia membutuhkan waktu untuk sendiri agar mempunyai energi untuk bertemu dengan banyak orang. Apalagi di lain sisi, feeling ekstrovert INFJ membuatnya suka berhubungan dengan orang lain secara emosional. Ia memang suka untuk memperhatikan, monolong orang lain, dan mendengarkan curhat teman, tetapi ia juga butuh ruang untuk istirahat agar tetap waras.

6. Perfeksionis

INFJ adalah kepribadian yang perfeksionis, ia ingin menjadi sesuatu yang lebih baik lagi. Dalam mengerjakan sesuatu, ia ingin pekerjaannya terlaksanakan dengan baik, dan mendapatkan output yang baik. Buruknya dari sikap ini, ia mudah untuk kecewa pada dirinya sendiri ketika tidak memenuhi standar. Perfeksionis sendiri diterapkan INFJ untuk dirinya, bukan orang lain. Terhadap orang lain, INFJ bisa menghargai usaha orang lain, tetapi kesulitan dalam menghargai usaha sendiri.

7. Menginginkan Hubungan yang Dalam

Kepribadian ini menyukai hubungan yang dalam dan bermakna dengan orang-orang terdekat. Biasanya dalam persahabatan ia memiliki kualitas pertemanan yang bagus dan langgeng. Ia juga cenderung tidak akan terjebak dengan cinta monyet yang hanya sesaat. Kepribadian ini biasanya sangat menghargai orang-orang yang terkoneksi secara emosional terhadapnya.

8. Kepribadian yang Kontradiktif

Fungsi-fungsi dari INFJ membuat kepribadian ini cenderung kontradiktif. Seperti di lain sisi ia sosok yang lembut dan peduli terhadap perasaan orang lain, tetapi di lain sisi ia juga keras kepala dengan prinsip-prinsipnya. Atau ia suka untuk terhubung secara emosional terhadap orang, ingin berkecimpung dalam hal sosial, tetapi ia juga membutuhkan waktu sendiri. Dengan kepribadian kontradiktif yang ada dalam dirinya, terkadang INFJ sering merasa disalahpahami.

  • Bagikan