8 Petahana di Pilkada 2020 Jawa Timur yang Siap Pertahankan Kursi Jabatan - Tugujatim.id

8 Petahana di Pilkada 2020 Jawa Timur yang Siap Pertahankan Kursi Jabatan

  • Bagikan
Sanusi, petahana di Pilkada 2020 Jawa Timur dari Kabupaten Malang. (Foto: RAP) petahana di jawa timur
Sanusi, Bupati Malang terpilih yang bakal segera dilantik kembali untuk periode kedua. (Foto: RAP/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Terdapat beberapa calon petahana dalam Pilkada 2020 yang akan digelar pada masa pandemi COVID-19 ini. Tahapan Pilkada di Indonesia ini dimulai dari akhir Agustus hingga Desember 2020. Ada 270 daerah yang akan melaksanakan pememilihan kepala daerah, termasuk Provinsi Jawa Timur.

Pilkada 2020 di Jawa Timur dipastikan akan digelar pada 9 Desember. Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi telah menutup pendaftaran bakal calon kepala daerah Pilkada serentak 2020 pada Minggu 6 September 2020 pukul 24.00 WIB.

Pilkada Jatim 2020 akan diikuti oleh 19 kabupaten dan kota. Daerah-daerah tersebut mencakup Sumenep, Trenggalek, Surabaya, Banyuwangi, Kabupaten Malang, Kabupaten serta Kota Blitar, Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik, dan Kabupaten Kediri.

Baca Juga: Gambar Kucing Raksasa Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Gurun Pasir Nazca, Peru

Ada beberapa paslon yang berhasil menyapu bersih rekomendasi parpol. Hal itupu menyebabkan adanya calon tunggal yang terjadi di Kediri dan Ngawi. Selain itu adapula dari jalur perseorangan yang berhasil mendaftarkan diri, yakni di Jember dan Kota Blitar.

Daftar Nama Calon Petahana di Pilkada Jawa Timur

Pilkada Jatim 2020 diikuti oleh 41 paslon. Para calon kepala dan wakil kepala daerah ini ada yang dari petahana dan ada pula yang baru terjun ke dunia politik. Mereka pun tidak hanya laki-laki tetapi juga perempuan. Setidaknya ada beberapa calon petahana yang yang maju di Pilkada Jatim 2020.  Berikut adalah beberapa calon tersebut.

1. Dr. Faida, MMR

Dr. Faida MMR akan maju di Pilkada Jatim 2020 sebagai calon bupati petahana Kabupaten Jember. Sebelumnya, Faida telah menjabat sebagai bupati Jember periode 2016—2021. Pada Pilkada kali ini, Faida maju bersama seorang pengusaha muda bernama Dwi Arya Nugraha Oktavianto atau yang biasa disapa Vian. Paslon Faida dan Vian maju sebagai calon bupati dan wakil bupati melalui jalur independen dengan mengantongi dukungan sekkitar 146.687 suara (dilansir dari okenews.com). Paslon ini mendapat nomor urut 1 berdasarkan rapat pleno pengambilan nomor urut yang dilakukan KPU.

2. Drs. H.M. Sanusi, M.M.

Drs. H.M. Sanusi, M.M. akan maju kembali sebagai calon Bupati Malang bersama pasangannya Didik Gatot Subroto yang merupakan Ketua DPRD Kabupaten Malang. Sebelumnya, Sanusi telah menjabat sebagai Bupati Malang sejak 17 September 2019 menggantikan Rendra Kresna yang ditahan KPK karena dugaan suapPaslon Sanusi dan Didik diusung oleh koalisi partai-partai politik besar, yaitu PDI Perjuangan, Demokrat, Golkar, Gerindra, Nasdem, dan PPP (Partai Persatuan Pembangunan). Paslon ini mendapat nomor urut 1 berdasarkan rapat pleno pengambilan nomor urut yang dilakukan KPU.

Baca Juga: Guru di Prancis Tewas Dipenggal Usai Tunjukkan Karikatur Nabi Muhammad

3. Ipong Muchlissoni

Ipong Muchlissoni akan maju kembali sebagai calon Bupati Ponorogo. Sebelumnya, Ipong telah menjabat sebagai Bupati Ponorogo periode 2016—2021. Pada Pilkada 2020 menggandeng Bambang Tri Wahono sebagai calon wakil bupati. Bambang merupakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Ponorogo. Paslon Ipong dan Bambang diusung oleh beberapa partai, seperti Nasdem, Gerindra, PKB, dan Hanura. Paslon ini mendapat nomor urut 1 berdasarkan rapat pleno pengambilan nomor urut yang dilakukan KPU.

4. Drs. H. Santoso, M.Pd.

Drs. H. Santoso, M.Pd. akan maju kembali sebagai calon Wali Kota Blitar. Sebelumnya, Santoso dilantik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi Wali Kota Blitar definitif pada 19 Mei 2020 untuk menggantikan M Samanhudi Anwar yang terjerat kasus suap oleh KPK. Pada Pilkada 2020, Santoso menggandeng Tjujuk Sunario yang merupakan mantan Wakil Ketua DPRD Jawa Timur. Pasangan Santoso-Tjujuk Sunario atau yang disingkat Satrio diusung oleh beberapa partai, yakni PDI Perjuangan, Demokrat, dan PPP. Paslon ini mendapat nomor urut 2 berdasarkan rapat pleno pengambilan nomor urut yang dilakukan KPU.

5. H. Pungkasiadi, S.H.

Pungkasiadi, S.H. akan maju kembali sebagai calon Bupati Mojokerto. Sebelumnya, Pungkasiadi yang akrab disapa Abah Ipung ini menjabat sebagai Bupati Mojokerto periode 2016—2021. Pada Pilkada 2020 ini, Abah Ipung menggandeng Titik Masudah yang merupakan adik kandung Menteri Ketenegakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Pslon Pungkasiadi dan Tiik diusung oleh koalisi beberapa partai besar, yakni PDI Perjuangan, PKB, dan PBB. Paslon ini mendapat nomor 3 dalam rapat pleno pengambilan nomor urut yang dilakukan KPU.

Baca Juga: Hobi Menyaksikan Video Binatang Lucu dan Imut Baik untuk Kesehatan, Studi Membuktikan

6. Drs. Rijanto, MM.

Drs. Rijanto, MM. akan maju kembali sebagai calon bupati petahana di Pilkada serentak di Jawa Timur. Sebelumnya, Rijanto tellah menjabat sebagai Bupati Blitar periode 2016—2021. Pada Pikada 2020 ini, Rijanto menggandeng Marhaenis Urip Widodo sebagai calon wakil bupati. Marhaenis merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar. Paslon Rijanto dan Marhaenis diusung oleh beberapa partai, yakni  PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, Demokrat, Gerindra, dan PPP. Paslon ini mendapat nomor 1 dalam rapat pleno pengambilan nomor urut yang dilakukan KPU.

7. Mochamad Nur Arifin

Mochamad Nur Arifin yang akrab disapa Gus Ipin akan kembali maju dalam calon bupati petahana di Pilkada serentak di Jawa Timur. Sebelumnya, Gus Ipin telah menjabat sebagai bupati definitif Trenggalek menggantika Emil Dardak yang terpilih menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur. Pada Pilkada 2020 ini, Gus Ipin menggandeng Syah Muhammad Natanegara yang merupakan politikus PKB sekaligus anggota DPRD Kabupaten Trenggalek. Pasang ini diusung oleh tujuh partai politik yakni PDI Perjuangan, Demokrat, Gerindra, Golkar, PAN, PPP, dan Hanura. Paslon ini mendapat nomor 1 dalam rapat pleno pengambilan nomor urut yang dilakukan KPU.

8. Dra. Hj. Kartika Hidayati, MM. M.HP

Dra. Hj. Kartika Hidayati, MM. M.HP. akan maju di Pilkada Jatim 2020 sebagai calon bupati Kabupaten Lamongan. Sebelumnya, Kartika telah menjabat sebagai Wakil Bupati Lamongan periode 2016—2021. Saat ini, Kartika Hidayati juga menjabat ketua PC Muslimat Kabupaten Lamongan. Pada Pilkada 2020 ini, Kartika menggandeng Saim, S.Pd sebagai calon wakil bupati. Saim merrupakan ketua DPC Lamongan. Paslon Kartika dan Saim didukung oleh beberpa partai, yakni PKB, PDIP dan Gerindra. Paslon ini mendapat nomor urut 3 berdasarkan rapat pleno pengambilan nomor urut yang dilakukan KPU. (Sindy Lianawati/gg)

  • Bagikan