9 Manfaat Kesehatan jika Rutin Jalan Kaki yang Perlu Kamu Tahu - Tugujatim.id

9 Manfaat Kesehatan jika Rutin Jalan Kaki yang Perlu Kamu Tahu

  • Bagikan
Ilustrasi jalan kaki yang banyak memberikan manfaat kesehatan jika dilakukan rutin. (Foto: Pixabay) tugu jatim
Ilustrasi jalan kaki yang banyak memberikan manfaat kesehatan jika dilakukan rutin. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Jalan kaki adalah salah satu olahraga yang murah dan ringan, selain itu bisa kamu lakukan kapan saja dan dimana saja kamu mau. Tak hanya itu, jalan kaki juga membarikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho!

Manfaat yang bisa kamu dapatkan, antara lain mengurangi stress, menurunkan berat badan, mencegah diabetes, hingga mengurangi resiko terkena kanker.

Jadi sebelum terlambat, mulailah dari sekarang untuk membiasakan jalan kaki setiap hari minimal 30 menit. Bagi kamu yang baru saja ingin mulai membiasakan olahraga ini, kamu bisa mencobanya 10 menit per hari.

Kamu juga bisa mengimbanginya dengan gaya hidup sehat. Jika hal tersebut sudah kamu lakukan, maka akan mendapatkan manfaat dari jalan kaki secara rutin. Yuk simak penjelasan berikut.

1. Mencegah penyakit jantung

Aktivitas jalan kaki dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta memperlancar sirkulasi darah.

2. Menenangkan pikiran

Berjalan kaki bisa memperbaiki suasana hati dan menenangkan pikiran, ini adalah salah satu cara mengatasi bad mood.

3. Memperbaiki penglihatan

Berjalan kaki bisa memerangi glaucoma, yaitu penyakit yang disebabkan cairan terkumpul di bagian depan mata dan meningkatkan tekanan atas syaraf penglihatan. Sehingga jika ada mempunyai masalah penglihatan, cobalah berjalan kaki secara rutin.

4. Menambah kekuatan otot

Jalan kaki juga bisa memperkuat otot. Jika orang berjalan 10.000 langkah setiap harinya, itu sama dengan berlatih di fitness centre,

5. Menurunkan berat badan

Banyak orang yang kesulitan untuk melakukan diet, mulailah untuk melakukan cara ini jika kamu ingin menurunkan berat badan. Kelebihan lemak di bawah kulit akan dibakar bila rajin melakukan kegiatan berjalan kaki, maksimal satu jam dalam sehari.

6. Perubahan positif pada otak

Sebuah studi mengungkap, jalan kaki dapat mencegah pikun, mengurangi risiko Alzheimer dan memperbaiki kesehatan mental. Ini juga mengurangi stres mental dan menjaga kadar endorfin tinggi dalam tubuh.

7. Memperbaiki pencernaan

Berjalan kaki juga bisa mengurangi risiko kanker usus, dan juga memperbaiki pencernaan. Saat berjalan kaki badan bergerak ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih teratur.

8. Memperkuat sendi dan tulang

Berjalan kaki secara teratur bisa meningkatkan mobilitas sendi, mencegah menurunnya masa tulang, bahkan juga mengurangi risiko keretakan.

9. Menghilangkan sakit punggung

Berjalan kaki mendorong perbaikan sirkulasi darah di dalam struktur tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh dan fleksibilitas bagi kesehatan tulang belakang. Jadi langkah ini bisa kamu gunakan jika sering mengalami sakit punggung. (Mila Arinda/gg)

  • Bagikan