Abadikan Momen Lebaran dengan Smartphone, Inilah Tipsnya... - Tugujatim.id

Abadikan Momen Lebaran dengan Smartphone, Inilah Tipsnya…

  • Bagikan
Ilustrasi abadikan momen Lebaran dengan smartphone. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi abadikan momen Lebaran dengan smartphone. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Hari Raya Lebaran menjadi momen bagi sebagian orang untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga, saudara, tetangga, hingga teman. Di momen ini, tak lengkap jika tidak mengabadikan foto melalui smartphone bersama sebagai kenang-kenangan.

Bahkan, tak jarang ada yang mengunggah hasil foto ke media sosial. Nah, jika ingin hasil foto Anda terlihat bagus dan memuaskan, berikut tips yang bisa diikuti agar momen kebersamaan bisa diabadikan dengan maksimal menggunakan kamera smartphone.

1. Bersihkan Lensa dari Debu

Bersihkan lensa pada smartphone dari debu atau noda lain yang memengaruhi kualitas gambar. Disarankan untuk menggunakan bahan yang lebih lembut. Jangan mengelap dengan kain kasar, hal tersebut bisa meninggalkan bekas goresan pada lensa.

2. Hindari Zoom

Zoom digital tidak hanya akan menghasilkan gambar berbintik, tapi juga akan mengurangi resolusi foto secara keseluruhan dan memperburuk getaran dari tangan saat mengambil gambar.

3. Pastikan Dapat Cahaya yang Cukup Terang

Carilah sumber cahaya lain yang dapat diandalkan, misalnya sinar matahari hingga lampu di dalam ruangan. Hindari menggunakan lampu kilat LED dari smartphone karena lampu kilat tidak akan menghasilkan foto yang maksimal.

4. Gunakan Tripod

Disarankan menggunakan tripod agar dalam pengambilan gambar tidak blur akibat getaran. Sering kali banyak orang yang tangannya bergetar ketika mengambil gambar. Anda bisa menggunakan tripod khusus smartphone.

5. Carilah Angle yang Berbeda-beda

Alih-alih mengambil foto dalam posisi sejajar, sesekali cobalah potret dari sudut yang lebih rendah. Pengambilan foto dalam sudut yang berbeda dapat menciptakan ilusi optik atau efek yang membuat objek terlihat lebih unik. Selain angle, Anda juga dapat memanfaatkan properti khusus untuk memberi ilusi atau kesan tak biasa pada foto. Biasanya ilusi ini akan membuat foto kelihatan lebih dreamy.

6. Berikan Efek Filter yang Pas sesuai Komposisi

Memang, filterisasi pada foto justru sering kali hasilnya kurang bagus, tapi jika hal ini dilakukan secara berlebihan. Namun, Anda hanya perlu memberikan efek filter sesuai porsinya dan ditujukan hanya untuk memperkuat kesan foto, bukan hanya sekadar untuk menghiasnya. Maka dari itu, filter foto itu perlu hanya jika memang dibutuhkan dan sesuai kebutuhan saja.

  • Bagikan