Adakan Pelatihan Landing Page, Pondok Inspirasi Siap Jadi Relawan UMKM - Tugujatim.id

Adakan Pelatihan Landing Page, Pondok Inspirasi Siap Jadi Relawan UMKM

  • Bagikan
Pelatihan membuat landing page dan marketing yang digelar oleh Pondok Inspirasi agar perekonomian dan UMKM di Indonesia bisa kembali meningkat. (Foto: Dokumen/Pondok Inspirasi) tugu jatim
Pelatihan membuat landing page dan marketing yang digelar oleh Pondok Inspirasi agar perekonomian dan UMKM di Indonesia bisa kembali meningkat. (Foto: Dokumen/Pondok Inspirasi)

Tugujatim.id – Demi mendongkrak sektor perekonomian serta mendorong pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) meningkatkan penjualan mereka, Pondok Inspirasi menggelar pelatihan membuat landing page bagi UMKM, Minggu (1/8/2021). Hal tersebut ditujukan agar pemasaran produk mereka di platform online bisa semakin meningkat tajam.

Bukan tanpa alasan Pondok Inspirasi melakukan pelatihan tersebut. Berdasarkan Survei Kajian Cepat Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kinerja UMKM Indonesia yang telah dilakukan Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, menunjukkan bahwa selama pandemi, 94,69% usaha mengalami penurunan penjualan. Berdasarkan skala usaha, penurunan penjualan lebih dari 75% dialami oleh 49,01% usaha ultra-mikro, 43,3% usaha mikro, 40% usaha kecil, dan 45,83% usaha menengah.

Hal tersebut dilihat dari awal munculnya pandemi virus corona di Indonesia pada Maret 2020 lalu hingga 31 Juli 2021 kemarin. Di mana www.covid.go.i.d telah mencatat sebanyak 3.409.658 orang terkonfirmasi positif di Indonesia

Merespon hal tersebut, Pondok Inspirasi bertekad untuk mengambil peran khususnya untuk membantu pemasaran UMKM melalui platform online. Hal itu dibuktikan dengan diadakannya pelatihan landing page yang dipandu langsung oleh alumni Pondok Inspirasi yang sekarang menjadi bagian dari manajaemen Pondok Inspirasi, yaitu Aisyah Nurush Shoba.

Untuk diketahui landing page sendiri merupakan halaman dalam website yang didesain khusus dengan mindset marketing. Halaman tersebut bakal ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar.

Landing page sangat efektif membantu pemasaran karena pengunjung langsung diarahkan untuk melakukan satu tujuan yaitu pembelian. Dizaman yang serba online ini sudah sepatutnya kita memanfaatkan tools-tools online yang membantu kita meningkatkan penjualan” Tutur Aisyah.

Sebelumnya. Aisyah belajar landing page dari mini course yang diselenggarakan oleh ReVoU. Selain belajar landing page, Pondok Inspirasi juga akan mengadakan pelatihan Marketing. Tujuan dari program pelatihan landing page dan marketing ini yaitu Pondok Inspirasi akan menjadi relawan UMKM untuk memasarkan produknya secara online.

“Harapannya dengan pelatihan landing page dan marketing ini akan menjadi salah satu cara Pondok Inspirasi menebar kebermanfaatan khususnya dibidang ekonomi masyarakat.” Kata Dedi Maulana, Manajemen Pondok Inspirasi.

Aktivitas lain dalam upaya mengurangi dampak Covid-19, Pondok Inspirasi aktif bersama komunitas lainnya membuat gerakan. Salah satunya membuka akses orang baik untuk tergabung dalam Relawan Cepat Tanggap Covid-19 bersama indorelawan, pemimpin.id, Rumah Amal Salman, Everidea, Kultur Lokal, Kitabisa, Warga Bantu Warga, Semua Murid Semua Guru, dan PT Paragon Technology and Innovation.

Sebagai informasi, Pondok Inspirasi merupakan organisasi sosial pendidikan dan kepemudaan yang berdomisili di Bogor. Selain menjadi organisasi yang aktif di dunia kepenulisan ilmiah, Pondok Inspirasi juga menjadi salah satu Komunitas Terpilih Community Challenge Kahf, terpilih mengikuti Girl Leadership Program bersama Menteri Keuangan RI, Young Business Hub di Turki, mengikuti YSEALI YOUnified 2020, dan mendapatkan tiga medali emas di ajang internasional Malaysia Technology Expo 2021 dan MISIIT Archimedes Russian 2021. Selain itu, Pondok Inspirasi juga bekerjasama dengan Pemimpin.id melalui LeadID dan Lead The Fest.

 

Rosita Wulandari
Penulis merupakan member dari Pondok Inspirasi

  • Bagikan