Agar Terhindar dari Lowongan Kerja Palsu, Lakukan 4 Hal Ini…

  • Bagikan
Ilustrasi seseorang sedang mencari lowongan pekerjaan. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi seseorang sedang mencari lowongan pekerjaan. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Ada banyak lowongan kerja yang tersebar di internet, baik pada situs resmi perusahaan maupun platform lainnya, seperti media sosial Instagram dan juga Linkedin. Sebagai pencari lowongan kerja, Anda juga harus memilih dan memilah manakah lowongan kerja yang asli dan palsu karena tidak menutup kemungkinan ada oknum jahat yang membuka lowongan pekerjaan dan mengatasnamakan suatu perusahaan untuk mendapatkan data pribadi seseorang.

Karena itu, lakukanlah 4 hal ini agar Anda terhindar dari lowongan kerja palsu yang beredar di internet.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

1. Mencari Tahu Profil Perusahaan

Suatu lowongan pekerjaan pastinya mencantumkan nama perusahaannya. Pastikan Anda mencari informasi lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Anda dapat mencarinya di Google atau social media seperti Instagram, Linkedin, Twitter, dan lain sebagainya.

2. Data Kontak Perusahaan

Jika Anda dapat menemukan kontak perusahaan, kemungkinan besar lowongan tersebut tidak palsu. Kontak perusahaan biasanya berisi nomor telepon perusahaan, alamat, e-mail, dan lain sebagainya. Namun, jika hal-hal tersebut tidak dicantumkan, maka Anda harus berhati-hati dengan lowongan tersebut.

3. Sumber Lowongan Kerja

Jika Anda mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan melalui WhatsApp, Line, ataupun Telegram, lebih baik Anda melakukan cross check terlebih dahulu tentang keasliannya. Sumber paling aman untuk mendapatkan informasi lowongan adalah Kalibrr, JobStreet, dan lain sebagainya.

4. Hindari Pembayaran

Kebanyakan perusahaan tidak akan meminta dana saat membuka lowongan pekerjaan. Maka jika Anda mengikuti suatu lowongan pekerjaan dan dikenakan biaya, maka perlu berhati-hati ya karena kemungkinan lowongan tersebut palsu.

Nah, 4 hal inilah yang sebaiknya Anda lakukan sebelum mendaftarkan diri pada lowongan pekerjaan, pastikan Anda tidak asal mendaftar ya. Semoga bermanfaat! (Ifa Nadhifah/ln)

  • Bagikan