Akibat Kekeringan, Hari Ini BPBD Bojonegoro Distribusikan Air Bersih di 4 Kecamatan - Tugujatim.id

Akibat Kekeringan, Hari Ini BPBD Bojonegoro Distribusikan Air Bersih di 4 Kecamatan

  • Bagikan
BPBD Bojonegoro mendistribusikan air bersih di Desa Pelem, Kecamatan Purwosari, Selasa (14/09/2021). (Foto: BPBD Bojonegoro/Tugu Jatim)
BPBD Bojonegoro mendistribusikan air bersih di Desa Pelem, Kecamatan Purwosari, Selasa (14/09/2021). (Foto: BPBD Bojonegoro)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Untuk membantu daerah yang mengalami kekeringan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro mendistribusikan air bersih ke berbagai kecamatan. Realisasinya, BPBD Bojonegoro giliran mendistribusikan air bersih di 4 kecamatan sekaligus pada Selasa (14/09/2021).

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Bojonegoro Agus Purnomo mengatakan, meski saat musim kemarau basah seperti saat ini, banyak pula daerah-daerah di Bojonegoro yang mulai mengalami kekeringan. Kali ini pihaknya menyasar 4 kecamatan, yaitu di Desa Tlatah dan Palem, Kecamatan Purwosari; Desa Sumodikaran, Kecamatan Dander; Desa Margoagung, Kecamatan Sumberrejo; dan Desa Dukohkidul dan Jelu, Kecamatan Ngasem.

“Mulai tanggal 2 bulan ini sudah banyak desa yang mengabarkan untuk distribusi air bersih sehingga kami menyurvei dengan mendatangi lokasi dan besoknya siap mendistribusikan air bersih,” jelas Agus.

BPBD Bojonegoro mendistribusikan air bersih di Dukuh Temas, RT 05, RW 01, Desa Margoagung, Kecamatan Sumberrejo, Selasa (14/09/2021). (Foto: BPBD Bojonegoro/Tugu Jatim)
BPBD Bojonegoro mendistribusikan air bersih di Dukuh Temas, RT 05, RW 01, Desa Margoagung, Kecamatan Sumberrejo, Selasa (14/09/2021). (Foto: BPBD Bojonegoro)

Untuk cara mendapatkan air bersih, pihak desa melapor soal kekeringan ke BPBD secara langsung. Selanjutnya nanti personel BPBD akan mendatangi lokasi untuk menyurvei tempat dan air bisa langsung didistribusikan.

“Surat permintaan air bersih bisa menyusul setelah distribusi air bersih selesai. Terpenting saat ini masyarakat segera mendapatkan air bersih dan kami membantu meminimalisasi adanya kekeringan air bersih di masyarakat Bojonegoro,” katanya.

Dihubungi terpisah, Kepala BPBD Bojonegoro Ardhian Orianto mengatakan, pihak desa menyiapkan tandon sebagai tempat air bersih yang diterima. Untuk menghindari kerumunan, pihaknya akan mendistribusikan air dibagi per RT dan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Sesuai data yang terhitung dari awal September hingga saat ini, sudah ada 5 kecamatan yang mendapatkan air bersih dari BPBD Bojonegoro, yaitu Purwosari, Tambakrejo, Ngasem, Sumberejo, dan Dander.

“Dari 5 kecamatan tersebut jika dijumlah sudah ada 17 RT yang kami dropping air bersih dan setiap RT kami distribusikan 1 tangki yang berisi 3.000 liter air,” ungkapnya.

Ardhian juga mengungkapkan, hingga saat ini tidak ada kendala dalam pendistribusian air bersih untuk masyarakat.

  • Bagikan