News  

Akibat Tanah Longsor, Jembatan Penghubung Antar Desa di Tosari Pasuruan Ambles

Tanah longsor. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Jembatan penghubung dua desa di Tosari, Kabupaten Pasuruan, ambles akibat longsor pada Selasa sore (11/01/2022). (Foto: Dokumen)

PASURUAN, Tugujatim.id – Sebuah jembatan penghubung antar desa ambles akibat tanah longsor di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Selasa sore (11/01/2022). Akibatnya, akses dari Dusun Kandangsari menuju Desa Mojorejo, Tosari, sementara tertutup untuk kendaraan roda empat.

Camat Tosari Edy Priyanto mengungkapkan, kejadian jembatan ambles terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Meski intensitas hujan tidak terlalu deras, tapi durasinya cukup lama karena sejak pagi. Akibatnya, struktur fondasi penyangga jembatan terkikis.

“Sebenarnya hujan tidak deras, cuma karena lamanya hujan mulai pagi sehingga bisa mengikis tepi jembatan dan mengakibatkan tanah longsor,” ujarnya.

Tanah longsor. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Jembatan penghubung dua desa di Kabupaten Pasuruan ini ditutupi terpal agar tak semakin terkikis. (Foto: Dokumen)

Edy menambahkan, jembatan tersebut adalah satu-satunya akses jalan dari Dusun Kandangsari menuju Desa Mojorejo, Tosari. Karena itu, separo akses jalan sementara ditutup dan hanya bisa dilewati kendaraan roda dua.

“Sementara akses jalan masuk ke Dusun Kandangsari untuk roda empat masih belum bisa dilakukan. Kalau roda dua bisa pelan-pelan,” imbuhnya.

Dihubungi terpisah, Kalaksa BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris mengatakan, petugas relawan sudah diterjunkan ke TKP. Demi mencegah tanah longsor susulan, BPBD memasang terpal agar fondasi tidak makin terkikis.

“Dilakukan penutupan dengan terpal untuk mengurangi pengikisan,” ujarnya.