Aksi Cukur Amal di Pasuruan untuk Korban Gempa Cianjur

Aksi cukur amal yang digelar komunitas tukang cukur se-Pasuruan Raya di depan GOR Untung Suropati Kota Pasuruan, pada Minggu (04/12/2022) pagi. Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim

PASURUAN, Tugujatim.id – Komunitas tukang cukur se-Pasuruan Raya menggelar aksi cukur amal di depan GOR Untung Suropati Kota Pasuruan, Jawa Timur, pada Minggu (04/12/2022) pagi. Warga diperbolehkan membayar cukur seikhlasnya untuk donasi kepada korban bencana Gempa Cianjur, Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan tugujatim.id, aksi cukur amal digelar di pinggir Jalan Sultan Agung Kota Pasuruan, sejak pukul 07.00 WIB. Para warga yang sedang berjalan-jalan pagi di sekitar Gor Untung Surapati nampak antusias mengantri untuk dicukur rambutnya.

Koordinator acara, Fahmi mengungkapkan bahwa aksi cukur amal ini dilakukan oleh perkumpulan tukang cukur Pasuruan bersama dengan organisasi Garda Bangsa. Aksi galang dana ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian para tukang cukur di Pasuruan kepada para korban Gempa Cianjur.

“Karena kami tukang cukur nyumbangnya ya lewak aksi ini. Kalau nyumbang secara pribadi, ya cukup keberatan, jumlahnya juga tidak banyak,” ujar Fahmi.

Aksi cukur amal ini diikuti oleh sebanyak 35 tukang cukur di wilayah Pasuruan Raya. Mulai dari tulang cukur Kota Pasuruan hingga Kecamatan Nguling dan Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Mereka sengaja tidak mematok harga ongkos cukur agar warga menyumbang sesuai keikhlasan dan kemampuannya. Meskipun begitu, sampai siang ini, sudah terkumpul dana donasi sebesar Rp905 ribu. “Warga bayarnya seikhlasnya. Ada yang nyumbang Rp5 ribu sampai paling banyak Rp100 ribu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kabupaten Cianjur  diguncang gempa pada Senin (21/11/2022) lalu. Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 skala richter ini memakan korban jiwa 334 orang.