Bisnis  

Rp2 Miliar Dana Infak dan Sodaqoh Terkumpul dari Karyawan PT Semen Indonesia Ghopo Tuban

UPZ SIG menyalurkan bisyarah kepada ustadz dan ustadzah lembaga di sekitar pabrik. Foto Humas SIG

TUBAN, Tugujatim.id – Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Ghopo Tuban, Jawa Timur, pada tahun 2022 berhasil mengumpulkan dana infak dan sodaqoh karyawan sebesar Rp2 miliar

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, dana yang terkumpul tersebut 30 persen dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban dan 70 persen dikelola oleh UPZ SIG.

“Semoga tahun 2023 perolehan UPZ SIG dapat meningkat menjadi Rp2,075 miliar. Sehingga, dengan meningkatnya perolehan zakat, infaq, dan shodaqoh maka yang akan kita salurkan kepada yang lebih membutuhkan bisa lebih baik lagi,” ucap Wakil Ketua UPZ SIG Ghopo Tuban, Siswanto, pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan penyaluran UPZ Tuban Takwa tahun 2022, di Ruang Auditorium KPSG Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, pada Jumat (2/12/2022).

Menurutnya, pada tahun 2022 ini, UPZ SIG telah melaksanakan beberapa kegiatan, yakni penyaluran bisyaroh untuk ustad dan ustadzah dari 149 lembaga di wilayah sekitar perusahaan.

Selain itu, bantuan sembako dan uang tunai kepada 200 warga kurang mampu, pembangunan delapan unit rumah kepada warga yang rumahnya sudah tidak layak huni, juga memberikan bantuan insidentil kepada enam warga.

“Kami juga memberikan bantuan kesehatan kepada 10 warga kurang mampu dan juga memberikan bantuan pemberdayaan kepada warga kurang mampu sebayak 40 orang,” terang Siswanto.

Wakil Sekertaris Baznas Kabupaten Tuban, Muhammad Wakid Qomari mengapresiasi dan berterima kasih kepada UPZ SIG Ghopo Tuban. Pasalnya, UPZ di bawah perusahaan semen milik negara ini merupakan UPZ yang berhasil mengumpulkan zakat, infaq, dan shodaqoh terbesar di Kabupaten Tuban.

“Dari sekitar 500 UPZ yang ada di Kabupaten Tuban, UPZ Semen Indonesia menjadi salah satu yang terbaik mulai dari perencanaannya, realisasi program, sampai dengan pelaporannya,” ucapnya.

Menurutnya, dana yang disetorkan UPZ SIG kepada Baznas terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2017 sebesar Rp1,3 miliar, tahun 2018 sebesar Rp1,4 miliar, tahun 2019 sebesar Rp1,6 miliar, tahun 2020 sebesar Rp1,9 miliar, tahun 2021 sebesar Rp1,95 miliar, dan pada tahun 2022 ini meningkat menjadi Rp2 miliar.

“Kita berdoa dan berharap agar dana yang dapat dikumpulkan oleh UPZ SIG ini dapat terus meningkat. Sehingga, akan lebih banyak dan lebih luas lagi yang dapat diberikan oleh UPZ SIG kepada masyarakat,” ucapnya.

Senior Manager Of Corporate Communication SIG Ghopo Tuban, Setiawan Prasetyo mengatakan bahwa SIG terus berkomitmen memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat, baik melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR), UPZ, maupun program-program lainnya.

“Untuk itu, kami mohon doa kepada seluruh masyarakat agar perusahaan milik negara ini dapat terus berjalan dan lebih baik lagi dalam operasionalnya. Sehingga, bisa lebih besar dan baik lagi dalam memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Pada peringatan Maulid Nabi Muhammmad SAW dan sekaligus penyaluran bisyaroh untuk ustad dan ustadzah juga diberikan tausyah agama oleh KH Reza Ahmad Zahid (Gus Reza) dari Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur.