Alun-Alun Kedungkandang Dibangun 2022, Sutiaji: Fasilitas Lebih Bagus dan Lengkap - Tugujatim.id

Alun-Alun Kedungkandang Dibangun 2022, Sutiaji: Fasilitas Lebih Bagus dan Lengkap

  • Bagikan
Wali Kota Malang Sutiaji saat memaparkan materi dalam FGD pembangunan Alun-Alun Kedungkandang pada Rabu (15/09/2021). (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Wali Kota Malang Sutiaji saat memaparkan materi dalam FGD pembangunan Alun-Alun Kedungkandang pada Rabu (15/09/2021). (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana akan membangun alun-alun baru di Kecamatan Kedungkandang pada 2022. Pembangunan alun-alun ini diperkirakan akan menjadi daya tarik unggulan wilayah timur Kota Malang.

“Pembangunan itu kan harus merata. Saya sampaikan Kedungkandang ke depannya akan menjadi salah satu favorit kita,” ujar Wali Kota Malang Sutiaji usai Focus Group Discussion (FGD) Desain Alun-Alun Kedungkadang, Rabu (15/09/2021).

Menurut dia, pembangunan alun-alun ini sebagai upaya pemerataan pembangunan Kota Malang, terutama di wilayah Kecamatan Kedungkandang. Selain itu, juga demi memecah keramaian di pusat kota.

Sutiaji memperkirakan bahwa alun-alun ini nantinya akan dibangun dengan indah. Dia menyebutkan, dari alun-alun itu nanti juga akan bisa menggambarkan Kota Malang secara keseluruhan.

Dia juga memastikan nantinya akan banyak investor yang tertarik berinvestasi di wilayah Kedungkandang. Jadi, pembangunan wilayah timur Kota Malang akan merata.

“Daya tariknya banyak, nanti kalau sudah terbangun akan kelihatan. Ini kan masih proses menyerap masukan-masukan, dari desain yang sudah ada tadi mungkin harus ada tambahan sound system. Termasuk nanti ada fasilitas tempat latihan sepatu roda, fasilitas balapan supaya nanti tidak ada balapan liar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto menambahkan, proses pembangunan alun-alun tersebut saat ini masih dalam proses penyusunan detail engineering design (DED).

Sedangkan untuk titik lokasinya, alun-alun tersebut direncanakan akan dibangun di sebelah Gedung Telecenter Daragati Kota Malang. Untuk luasan alun-alun tersebut diperkirakan akan menggunakan lahan seluas 4,5 hektare.

“Jadi, masyarakat tak perlu berbondong-bondong ke tengah kota, cukup di alun-alun ini. Fasilitasnya lebih bagus dan lengkap daripada alun-alun bundar. Ada fasilitas untuk anak-anak, fasilitas kaum muda yang suka trek-trekan, nanti dilegalkan di sana. Kemudian ada tempat latihan skateboard, sepatu roda, dan lain-lainnya,” jelasnya.

 

  • Bagikan