Anargya EV Mark 2.0, Mobil Balap Listrik Mahasiswa ITS yang Siap Tanding di FSAE Jepang 2022 - Tugujatim.id

Anargya EV Mark 2.0, Mobil Balap Listrik Mahasiswa ITS yang Siap Tanding di FSAE Jepang 2022

  • Bagikan
Mobil balap formula bertenaga listrik "Anargya EV Mark 2.0", karya mahasiswa ITS ini siap bertanding di FSAE Japan 2022. (Foto: Gabriel Jhon K.S./Tugu Jatim)
Mobil balap formula bertenaga listrik "Anargya EV Mark 2.0", karya mahasiswa ITS ini siap bertanding di FSAE Japan 2022. (Foto: Gabriel Jhon K.S./Tugu Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya luncurkan mobil balap formula bertenaga listrik, Anargya EV Mark 2.0. Mobil balap listrik ini dikembangkan oleh tim mahasiswa ITS yang bernama Anargya. Mobil balap listrik Anargya EV Mark 2.0 ini merupakan pengembangan dari mobil listrik yang sebelumnya yaitu Anargya EV Mark 1.0 tahun 2019 lalu.

Rencananya, mobil balap listrik karya 26 mahasiswa ITS ini dipersiapkan untuk berlaga di kompetisi Formula Society of Automotive Engineers (FSAE) di Jepang pada September 2022. Bahkan, mobil ini diklaim memiliki handling dan suspense yang lebih stabil dari mobil listrik sebelumnya.

Mobil ini juga telah disempurnakan seperti pada optimasi motor dan efisiensi baterainya. Dengan optimasi ini, mobil Anargya EV Mark 2.0 mampu melaju hingga kecepatan 105 km/jam serta ketahanan baterai hingga 2 jam operasional.

Sementara itu, pembina Tim Anargya ITS Alief Wikarta mengatakan, kelebihan mobil balap listrik Anargya EV Mark 2.0 dibandingkan dengan mobil yang pertama adalah memiliki performa yang lebih baik dan memiliki safety. Sebab, mobil balap ini lebih disesuaikan dengan regulasi yang ada.

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Adi Soeprijanto mengapresiasi karya mahasiswa ITS ini dan berharap teknologi tersebut tidak hanya fokus untuk ajang lomba, tapi dapat berkembang menjadi sebuah startup yang nantinya benar-benar menjadi mobil listrik di Indonesia.

“Mobil balap listrik karya 26 mahasiswa ITS Surabaya ini diharapkan dapat meraih prestasi dalam ajang kompetisi di FSAE di Jepang. Dan berkontribusi dalam pengembangan teknologi mobil listrik di masa depan,” ujarnya pada Senin (22/11/2021).

 

  • Bagikan