News  

Antisipasi Banjir, Pemkot Surabaya Siapkan Bozem dan Box Culvert di Sejumlah Titik 

Pemkot Surabaya. (Foto: Dok Diskominfo Kota Surabaya/Tugu Jatim)
Bozem satu hektare yang dibangun Pemkot Surabaya untuk penanganan banjir di kawasan Tandes Surabaya. (Foto: Dok Diskominfo Kota Surabaya)

SURABAYA, Tugujatim.id – Pemkot Surabaya tengah gencar menyiapkan pemasangan box culvert hingga bozem (penampungan air) di sejumlah kawasan. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya banjir jelang memasuki musim hujan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, sejumlah langkah komprehensif dan terkoneksi telah dilakukan dalam menyelesaikan persoalan banjir. Salah satunya di wilayah Karangpoh, Kecamatan Tandes.

“Wilayah di Karangpoh sudah banyak berubah, tinggal satu titik saja yang aman dari banjir. Semoga untuk titik-titik lainnya besok-besok tidak banjir lagi,” katanya.

Selain di kawasan Karangpoh, sejumlah lokasi lain juga tidak luput menjadi perhatian wali Kota Surabaya. Seperti halnya di Gayungsari, Ahmad Yani, Ketintang, Wiyung, Dharmawangsa, dan Panglima Sudirman.

Dia berharap, saat musim hujan tiba, sejumlah kawasan yang menjadi fokus antisipasi Pemkot Surabaya bisa terbebas dari banjir atau genangan.

“Semoga nanti ke depan ketika hujan, Surabaya bisa menangani titik-titik banjir yang memang kami rencanakan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua LPMK Kelurahan Karangpoh, Kota Surabaya, Dwi Siswanto mengatakan, ada lima titik langganan banjir di kawasan Kelurahan Karangpoh. Sejumlah titik tersebut terdiri dari Jalan Darmo Indah Asri, Jalan Darmo Indah Sari, Jalan Raya Tubanan, Jalan Raya Gadel Sari Praja, dan Jalan Gadel Timur.

“Dengan langkah percepatan penanganan banjir, sekarang sudah mulai teratasi. Alhamdulillah, warga sudah tidak mengalami banjir,” katanya saat dikonfirmasi pada Tugu Jatim pada Jumat (23/09/2022).

Dia menjelaskan, sejumlah strategi percepatan penanganan banjir telah dilakukan Pemkot Surabaya. Seperti pembuatan bozem seluas satu hektare di kawasan Tubanan untuk penanganan banjir di Jalan Darmo Indah Sari dan Jalan Darmo Indah Asri.

“Di bozem itu ada pintu air untuk mengatur debit air dan lebih mudah untuk dikendalikan. Hasilnya, warga di Kelurahan Karangpoh dan Kelurahan Tandes Kota Surabaya sudah tidak mengalami banjir,” imbuhnya.

Dwi melanjutkan, di Jalan Raya Gadel Timur atau Jalan Raya Tubanan, pemkot melakukan pemasangan box culvert. Dan di Jalan Gadel Sari Praja yang tengah dilakukan pemasangan plengsengan dan pembangunan jembatan.

“Di Jalan Gadel Sari Praja dulu banjir karena kiriman air yang tidak memiliki ruang resapan. Tapi, sekarang plengsengan sedang dikerjakan, termasuk pembangunan jembatan,” ujarnya.

Tak hanya itu, pada pertengahan September 2022, pengerjaan penanganan banjir juga dilakukan pemkot di kawasan Jalan Darmo Sari Indah I atau Jalan Darmo Indah Selatan.